KabariNews -Saat sakit kepala menyerang, maka kegiatan pun jadi terganggu. Nyeri disekitar kepala umumnya merupakan gejala penyakit ringan. Sekitar 70 persen sakit kepala memang disebabkan oleh ketegangan otot. Meski begitu, sakit kepala tak bisa disepelekan, apalagi kalau sampai mengganggu pekerjaan.

Ada tiga jenis sakit kepala yang biasa dialami sebagian besar orang. Yang pertama adalah tension headache, yaitu sakit kepala biasa yang sering dialami kebanyakan orang. Yang kedua adalah migrain atau yang sering disebut sakit kepala sebelah. Jenis terakhir adalah cluster headache adalah sakit kepala yang muncul secara berulang yang muncul dalam beberapa minggu sampai bulanan.

Sakit kepala dapat disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya perubahan psikologis pada otak, aktivitas otak yang tidak normal, faktor genetik, serta minuman beralkohol dan rokok.

Untuk meredakannya seringkali kita mengonsumsi obat sakit kepala. Padahal, sakit kepala bisa diredakan dengan cara alami. Nah, daripada mengonsumsi obat sakit kepala, lebih baik atasi dengan cara berikut :

Tips 1 : Air putih

Sakit kepala seringkali dipicu karena dehidarasi. Saat Anda kepanasan dan kehilangan banyak cairan disertai rasa sakit kepala, segera konsumsi air putih. Duduklah sebentar, kemudian minum air putih secara perlahan. Jangan lakukan banyak gerakan sampai sakit kepala hilang.

Tips 2 : Kompres kepala

Ambillah kain lembut atau handuk kecil, lalu basahi dengan air bersuhu dingin. Lalu, tempelkan di kepala dan leher bagian belakang. Cara tersebut bisa mengurangi rasa sakit karena membuat efek relaksasi.

Tips 3 : Minuman / makanan hangat

Seduh secangkir teh, tambahkan perasan jeruk lemon. Minumlah selagi hangat perlahan-lahan.. Atau bisa juga mengkonsumsi sup panas.Cara ini dapat meredakan sakit kepala Anda dengan segera.

Tips 4 : Berendam air hangat

Berendam air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah. Cara ini bisa juga disebut relaksasi yang bisa mempercepat sembuhnya sakit kepala.

Tips 5 : Meditasi

Saat muncul sakit kepala cobalah untuk bermeditasi. Pejamkan mata, tarik napas dan tahan selama lima detik kemudian buang secara perlahan. Fokuskan pikiran Anda pada hal-hal yang menyenangkan. Dengan begitu Anda bisa mengurangi ketegangan otot pemicu sakit kepala, akibat tekanan psikologis.