KabariNews.com- Mungkin Anda tidak begitu mengenal kebudayaan Purbalingga. Kota yang terkenal dengan mendoannya ini ternyata memiliki seni budaya yang cukup unik, yaitu alat musiknya yang terbuat dari bambu. Beberapa alat musik khas Purbalingga yakni Permainan Calung yang dipadukan dengan  tari Dames dan Kuda Lumping.

Papeling atau paguyuban perantauan Purbalingga, komunitas ini muncul untuk melestarikan seni budaya Purbalingga. Cukup unik, karena komunitas ini memperkenalkan seni budaya Purbalingga dalam beberapa pagelaran seni menggunakan alat musik kentongan dan calung.

Menyebut ketongan, pikiran kita langsung tertuju pada alat komunikasi tradisional tempo dulu. Alat itu juga tak bisa dipisahkan dari kesan suasana kampung yang gelap. Tapi siapa sangka, kentongan dapat menjadi seni musik dengan ritme yang indah dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

IMG_9819Bunyi-bunyian kentongan yang semula hanya monoton dan tak memiliki nada dasar, kini menjadi suara yang enak untuk didengar. Untuk menghasilkan nada yang merdu, Komunitas Papeling menggunakan kentongan bambu yang dipadukan dengan alat musik perkusi lain, seperti angklung, gambang, kenthur, marakas, simbal, tepak dan bedug. Bahkan dipadukan dengan tari  Dames khas Purbalingga.

Wahyu Triyono selaku ketua Komunitas Papeling menjelaskan, komunitas ini pertama kali didirikan di Monas,Jakarta sebagai wujud solidaritas dan mempertahankan seni budaya. “Komunitas papeling ini muncul sebagai wujud solidaritas sekaligus mempertahankan seni budaya khas Purbalingga. Kita kumpulkan para perantau asal Purbalingga yang ada di Jakarta. Awalnya kita hanya terdiri dari 12 anggota namun sekarang berkembang menjadi 700 anggota resmi didaerah Jabodetabek, meliputi wilayah Jakarta,Tanggerang,Bekasi,dan Bogor” kata Wahyu.

Selain kegiatan bermain musik mereka juga melakukan kegiatan positif lainnya seperti futsal dan bulu tangkis. Adapun komunitas ini dibuat untuk memperkenalkan seni budaya dan kuliner Purbalingga  khususnya Banyumas ke masyarakat luas agar mereka tahu bahwa Purbalingga juga memiliki kesenian yang patut mendapat perhatian dari masyarakat dan pemerintah.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?66784

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero