Anak-anak biasanya membutuhkan jam tidur yang rutin setiap hari agar mereka bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Anak-anak yang tidak pergi tidur tepat waktu dan tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan mengalami kesulitan dalam aktivitas mereka. Untuk membuat anak Anda tidur tepat waktu, cobalah tips berikut ini.

  1. Atur jam makan malam beberapa jam sebelum waktu tidur. Makan sebelum tidur tidak baik untuk kualitas tidur anak Anda. Diperlukan beberapa jam agar makanan anak Anda dapat tercerna dengan baik sebelum tidur.
  2. Susunlah waktu tidur yang konsisten setiap hari. Waktu tidur yang baik untuk anak-anak adalah sekitar jam 8 malam. Jam berapapun yang Anda pilih untuk waktu tidur anak Anda, biasakan agar teratur sehingga anak Anda akan terbiasa dengan jadwal ini.
  3. Hindari kegiatan yang dapat mengganggu rutinitas tidur anak Anda. Untuk membuat anak Anda dapat tidur tepat waktu berarti ada kemungkinan Anda akan melewatkan salah satu aktivitas Anda. Pastikan Anda mengutamakan jam tidur anak Anda dan tetap konsisten.
  4. Mandikan anak Anda sekitar satu jam sebelum tidur dan apabila Anda memiliki bath-tub, berikan anak Anda waktu untuk relaksasi di bath-tub. Setelah mandi, berikanlah pijatan untuk mengendurkan otot-otot mereka yang tegang sekaligus untuk membuat mereka merasa mengantuk.
  5. Putarlah lagu-lagu klasik atau musik-musik yang ringan ketika Anda akan menidurkan anak Anda. Bacakanlah cerita favoritnya sebelum tidur. Hal ini dapat membuat anak Anda bersemangat setiap malam sebelum pergi tidur. Selain itu pada waktu seperti inilah Anda dapat berkomunikasi dengan anak Anda.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33782

Untuk melihat Berita Indonesia / Parenting lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :