Kedekatan Indonesia dengan Amerika kian hangat terjalin. Hal itu dibuktikan dengan pembangunan patung Dewi Saraswati di depan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KJRI) di Washington D.C., Amerika Serikat. Pemerintah pusat mempercayakan pembangunan patung kepada pemerintah kabupaten Badung, Bali. Seperti disampaikan Bupati Badung Anak Agung Gde Agung di Denpasar, pembangunan patung Dewi Saraswati merupakan bagian dari kerjasama pemerintah RI dengan Pemerintah Amerika di bidang kebudayaan.

Sebelumnya, pada 11 April 2013 lalu Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Dino Patti Djalal telah meletakkan batu pertama untuk menandai dimulainya pembangunan Patung Dewi Saraswati. Tim pematung yang dipimpin oleh I Nyoman Sudarwa diboyong langsung dari Bali, Indonesia. Dubes Dino Patti Djalal mengatakan pemberian patung Dewi Saraswati ini merupakan tanda kemitraan bilateral AS-RI yang semakin meningkat dan menambah keindahan Washington D.C. melalui keberadaan salah satu karya seni Indonesia.

Dewi Saraswati  yang dilambangkan sebagai dewi ilmu pengetahuan, budaya dan kebijaksanaan ditempatkan di depan halaman KBRI di Washington D.C.. Patung Dewi Saraswati juga akan dilengkapi dengan 3 patung anak-anak etnik Kaukasian, Afrika-Amerika dan Asia/Hispanik yang sedang duduk sambil membaca buku. Patung anak-anak menggambarkan multikultur dan masyarakat kedua negara. Patung memiliki spesifikasi tinggi 5,2 m, dengan diameter 2 m. Dewi Saraswati akan mempercantik areal halaman depan kanan KBRI yang luasnya mencapai 125 m2. Tak meninggalkan kesan Bali, di sekitar patung akan dihiasi dengan ornamen khas Bali.

Sebagai informasi, lokasi pembangunan patung Dewi Saraswati tersebut terletak dilokasi strategis di sisi jalan Massachussets Avenue yang merupakan “Embassy Row” di kota Washington D.C., AS. Di wilayah tersebut juga terdapat beberapa patung antara lain Mahatma Gandi, Thomas Masaryk, berbagai karya seni (arts) luar ruang  yang menghiasi jalan utama tersebut. Pembangunan patung Dewi Saraswati, sebagai salah satu bentuk sumbangan Indonesia untuk kota Washington, D.C.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56428

Untuk Melihat artikel Amerika / KBRI-KJRI lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

lincoln