john kerryMenteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan memulai perjalanan internasionalnya ke Asia, pekan ini.  Dalam kunjungannya ke Asia kali ini, Kerry dijadwalkan akan mengunjungi China, Korea Selatan dan Uni Emirat Arab, juga Indonesia.

Disampaikan juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, di Washington DC, Minggu (9/2) waktu setempat, perjalanan Kerry akan dimulai pada Kamis (13/2). “Selama 13-18 Februari, Menteri Luar Negeri John Kerry akan berkunjung ke Seoul, Beijing, Jakarta dan Abu Dhabi untuk menemui para pejabat senior pemerintah setempat dan membicarakan isu bilateral, regional, dan global. Ini merupakan kunjungan kelima Menlu Kerry sejak tahun lalu” kata Psaki dalam keterangan tertulis di laman resmi Deplu AS.

Kunjungannya di Jakarta, Kerry akan menegaskan dukungan AS atas meningkatnya kepemimpinan Indonesia atas tantangan global. Kerry juga akan menindaklanjuti kerjasama AS dan Indonesia atas beberapa isu seperti perubahan iklim, keamanan, demokrasi, integrasi kawasan, dan hak asasi manusia.

“Beliau juga akan turut memimpin Pertemuan Komisi Bersama di bahah Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia. Dia juga akan menegaskan pentingnya hubungan kami dengan institusi-institusi multilateral Asia saat bertemu dengan Sektertaris Jenderal ASEAN di Jakarta,” paparnya.

Lawatannya ini menjadi kunjungan kerja kedua Kerry Ke Indonesia. Sebelumnya Kerry pernah ke Bali untuk memimpin delegasi AS dalam pertemuan Tahunan Tingkat Tinggi Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) awal Okteber lalu. Kerry ditugaskan untuk menggantikan Obama yang saat itu tengah sibuk mengurus krisis anggaran pemerintah AS.

Untuk share artikel ini klik www.kabariNews.com/?61601

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

jason_yau_lie

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2