Pagelaran mode terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week (JFW) 2016 resmi dibuka. Selama tujuh hari kedepan ajang tahunan ini akan menghadirkan karya-karya terbaik perancang dalam dan luar negeri. Pecinta mode Tanah Air juga dapat menyaksikan langsung busana-busana yang akan menjadi acuan fashion tahun depan. JFW 2016 akan berlangsung mulai 24 -30 Oktober 2015 di Senayan City, Jakarta.

Selama sepekan JFW 2016 akan menampilkan fashion show kolaborasi dengan para mitra serta lembaga pemerintahan seperti Kementerian Perdagangan, Badan ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Deskranasda DKI, Dinas Pariwisata, berbagai organisasi dan pusat kebudyaan internasional yaitu The British Council, Korean Culture Center, Japan Fashion Week Organisation, DITP Thailand, Council of Fashion Desaigner Korean, Australia-Indonesia, London Collage of Fashion, Islamic, Fashion Design Council serta The Woolmark Company. Tak hanya itu saya, JFW 2016 juga akan diwarnai dengan berbagai talkshow, kompetisi untuk para desiner serta fashionista yang diselenggarakan oleh para mitra.

Setiap tahun JFW menghadirkan karya terbaru dari para pelaku industri mode lokal maupun internasional. Memasuki tahun kedelapan JFW akan melibatkan 230 desainer yang dikemas menjadi 70 pagelaran. Yang menarik tahun ini JFW akan menghadirkan 19 desainer internasional dari 6 negara yaitu Inggris, Jepang, Thailand, Persatuan Emirat Arab, Korea dan Australia. Untuk keseluruhan akan ada lebih dari 3000 peragaan busana mulai dari ready to wear, modest- wear, maupun aksesori yang akan dibawakan oleh 250 model profesional.

Pembukaan JFW 2016 ( foto : Liputan 6)

Pembukaan JFW 2016 ( foto : Liputan 6)

JFW 2016 resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Langkah JFW 2016 dari tahun ke tahun merupakan kerja nyata memantapkan posisi Jakarta dan Indonesia sebagai pusat geliat fashion yang patut diperhitungkan di mata dunia. “Saya menyambut baik diselenggarakannya Jakarta Fashion Week 2016. Sebagai bagian ‘Enjoy Jakarta’, dimana bisa menjadi salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi nasional” kata Gubernur di Senayan City, Jakarta ( 24/10)

Pria yang akrab disapa Ahok itu pun menuturkan harapannya agar pekan mode tahunan ini dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri dan Jakarta bisa dilirik menjadi pusat mode Asia dan dunia. “Semoga JFW 2016 berlangsung sukses dan memberikan kontribusi terhadap perkembangan industru dan Jakarta bisa dilik jadi pusat mode Asia dan dunia” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum JFW 2016, Svida Alisjahbana mengatakan prestasi perancang Indonesia sangatlah membanggakan. Menurut dia semua perancang busana Indonesia bisa menampilkan kualitas terbaiknya dalam ajang ini. “Prestasi yang telah dicapai oleh perancang Indonesia sangatlah membanggakan dan apreasiasi dari berbagai belahan dunia terus mengalir. Semua peraihan ini tidak lepas dari kualitas program yang bergulir” katanya.