Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggandeng tujuh pelaku usaha pariwisata Indonesia untuk mempromosikan wisata alam dan adventure Indonesia di New York Travel and Adventure Show (NYATS) 2024. Kegiatan ini digelar pada 27-28 Januari 2024 di Javits K Center, New York, Amerika Serikat.

Para pelaku usaha pariwisata yang berpartisipasi dalam NYATS 2024 ini terdiri dari tour operator dan akomodasi. Mereka menawarkan berbagai paket wisata menarik, termasuk Bali dan lima Destinasi Super Prioritas (DSP) yang menjadi andalan Indonesia, yaitu Danau Toba – Sumatra Utara, Borobudur – Jawa Tengah, Mandalika – NTB, Labuan Bajo – NTT, dan Likupang – Sulawesi Utara.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan partisipasi Kemenparekraf pada NYATS 2024 ini merupakan salah satu langkah taktis dalam pencapaian target wisman dari pasar Amerika Serikat.

“Karakteristik wisman Amerika Serikat salah satunya adalah menyukai aktivitas alam dan adventure. Hal ini sesuai dengan tren minat wisman saat ini untuk memfokuskan diri pada wellbeing atau kesehatan dan kebahagiaan fisik dan mental. Indonesia memiliki banyak destinasi unik tersebut. Karena itu, partisipasi pada NYATS 2024 ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang yang tepat untuk mempromosikan wisata-wisata alam dan adventure yang sangat beragam di Indonesia kepada calon wisman di pasar Amerika Serikat,” kata Ni Made.

Selain itu, menurut Made, ditunjang dengan posisi New York sebagai kota trendsetter dunia yang memiliki inbound turis internasional dari banyak negara, memungkinkan aktivitas promosi di kota New York memberi dampak yang lebih luas sehingga membantu dalam pencapaian target kunjungan wisman, pengeluaran wisman yang lebih tinggi, dan lama tinggal yang panjang.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II, Cecep Rukendi, menambahkan bahwa pada event ini Kemenparekraf melalui brand Wonderful Indonesia mengangkat tema “Keep the Wonder” dengan menekankan berbagai produk pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. Paviliun Indonesia didesain dengan mengangkat tema wisata leisure dan adventure di 5 DSP.

“Kemenparekraf memfasilitasi tujuh pelaku usaha pariwisata Indonesia yang terdiri dari tour operator dan akomodasi. Para pelaku pariwisata tersebut menawarkan berbagai paket wisata menarik, termasuk Bali dan lima DSP yang menjadi andalan Indonesia, yaitu Danau Toba – Sumatra Utara, Borobudur – Jawa Tengah, Mandalika – NTB, Labuan Bajo – NTT, dan Likupang – Sulawesi Utara”, kata Cecep.

Melalui partisipasi Kemenparekraf pada bursa pariwisata ini diharapkan menjadi upaya untuk menjaga eksistensi pariwisata Indonesia di kawasan Amerika Serikat sekaligus sebagai langkah akselerasi dalam meningkatkan kembali jumlah wisman Amerika Serikat ke Indonesia.

Kegiatan partisipasi Kemenparekraf pada NYATS 2024 ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman Amerika Serikat ke Indonesia. Dengan fokus pada promosi wisata alam dan adventure, Kemenparekraf berharap dapat menarik minat wisman Amerika Serikat untuk berkunjung ke Indonesia.

Sumber foto: kemenparekraf.go.id

Baca Juga: