Robert BlakeAmerika Serikat akan memberikan hibah senilai lebih dari satu juta dolar AS untuk mendanai penelitian kesehatan ibu sebagai bagian dari program Partnerships for Enhanced Engagement in Research (PEER) atau Kemitraan untuk Peningkatan Keterlibatan dalam Penelitian. Amerika Serikat akan memberikan hibah tersebut kepada para peneliti dari Indonesia untuk melakukan penelitian bersama dengan para ilmuwan dari Amerika dalam bidang kesehatan ibu dan bayi yang baru lahir (neonatal).

“Kerjasama merupakan landasan dari berbagai program ini,” ujar Duta Besar AS Robert Blake. “Hibah ini akan mendukung tonggak penelitian bersama antara ilmuwan dari kedua negara kita dalam mengatasi tantangan kesehatan secara global” tambahnya.

Melalui hibah ini, para peneliti dari Indonesia akan mengembangkan solusi baru dan inovatif untuk kesehatan ibu dan bayi yang baru lahir. Tingkat kematian ibu merupakan tantangan utama pembangunan bagi Indonesia dalam upaya mengurangi jumlah kematian ibu dalam persalinan. Amerika Serikat berkomitmen untuk mengubah pembangunan dengan cara meningkatkan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hibah PEER sebelumnya dalam bidang kesehatan pernah diberikan untuk mendukung para peneliti dari Indonesia untuk mengatasi penyakit infeksi seperti tuberculosis dan demam berdarah.

Badan Pembangunan Internasional Pemerintah AS (USAID) menjajaki proposal kerjasama ilmiah antara Amerika Serikat dan Indonesia untuk mengatasi masalah-masalah utama dalam kesehatan ibu dan bayi yang baru lahir. Proposal hibah akan diseleksi berdasarkan bobot ilmiah dan dampak potensialnya terhadap pembangunan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang persyaratan pengajuan proposal, silakan kunjungi www.nas.edu/peerhealth.

Melalui berbagai program PEER, USAID secara langsung mendukung penelitian secara global di berbagai belahan dunia yang bekerjasama dengan para peneliti AS yang mendapatkan dana dari National Institutes of Health (NIH) dan National Science Foundation (NSF) di Amerika Serikat. Hibah PEER USAID adalah salah satu komponen dari prakarsa kesehatan Amerika Serikat di Indonesia yang menunjukkan luasnya cakupan kerjasama AS di bawah Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?61549

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero