Rambut ialah mahkota wanita. Oleh karenanya wanita perlu pintar dalam merawat rambut karena rambut yang indah berawal dari perawatan yang teratur.

Di kala musim hujan seperti ini, terkadang kondisi rambut menjadi berubah. Rambut akan sedikit rapuh, dan kelembabannya menjadi tidak stabil. Perawatan yang tepat di musim hujan menjadi solusi agar rambut tetap sehat dan cantik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat rambut saat musim hujan. Tips di bawah ini akan membantu anda mengetahui cara tepat merawat mahkota anda saat musim hujan.

Perhatikan gaya rambut
Saat musim hujan hindari gaya rambut yang terlalu rumit. Ada baiknya memilih potongan rambut yang tidak terlalu panjang. Pilih penataan rambut yang sederhana, dan sebaiknya jangan mengeriting rambut atau melakukan pelurusan rambut, karena cuaca lembab akan membuat rambut tidak sempurna, apalagi jika kena air hujan jadi berantakan.

Cuci rambut secara benar dan teratur
Cuci rambut dua hari sekali dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan pelembab rambut di ujung rambut setelah keramas. Hal ini akan membantu merawat kelembaban rambut dan menghindari rambut rusak di ujung-ujungnya. Tonik rambut juga penting dipakai guna menghindari rontok.

Perawatan Mingguan
Selain menjaga kebersihannya dengan mencuci rambut secara teratur, perawatan mingguan juga perlu dilakukan. Hair spa dan creambath dapat menjadi alternatif pilihan. Lakukan perawatan tersebut secara bergantian setiap minggu. Pilihlah bahan alami sebagai bahan dasarnya misalnya, lidah buaya, lemon, ginseng, dan sebagainya.

Pijat kepala
Selain perawatan rambut biasa seperti creambath atau hair spa secara rutin, pijat kepala juga penting untuk melancarkan peredaran darah di kepala. Biasanya di musim penghujan rambut akan cenderung berminyak, berketombe, dan rontok. Dengan melakukan head message akan melancarkan sirkulasi darah dan menghindari rontok.

Makanan Sehat
Konsumsi sayuran dan buah-buahan segar dan sehat dapat membantu kepala dan rambut agar lebih sehat. Sehingga di kala musim hujan ini rambut tetap dapat bertahan dengan kondisi cuaca yang buruk karena perawatan dari dalam. Konsumsi vitamin E, susu, dan makanan kaya akan kalsium akan sangat membantu.

Selain poin-poin pokok di atas yang perlu diperhatikan ialah kebersihgan rambut dan kesehatannya. Terdapat beberapa tambahan tips yang dapat kita ikuti, antara lain:

• Pastikan rambut dalam kondisi benar-benar kering saat keluar rumah

• Setelah terkena hujan, segera basuh rambut dan keramaslah hingga bersih.

• Hindari penggunaan hair dryer karena akan memperburuk kondisi rambut.

• Gunakan penutup kepala saat keluar rumah namun usahakan menghindari penutup yang sangat ketat.

•  Jangan mencuci rambut dengan air panas karena akan berdampak pada rapuhnya rambut.

Menjaga keindahan rambut di kala musim hujan pada dasarnya tidak begitu rumit, asal Anda telaten dan rajin, maka hasilnya akan terlihat. Jangan lupa untuk selalu memiliki gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?50766

Untuk melihat artikel Mode & Gaya lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :