patung libertyIkon kebanggaan New York patung Lady Liberty kembali dibuka untuk umum pasca terjanggan badai Sandy pada Oktober 2012 lalu. Badai dasyat yang sempat meluluh lantakan sebagian wilayah New York, Amerika Serikat, juga merusak beberapa tempat hiburan termasuk patung liberty.

Meski kerusakan liberty tidak terlalu parah, pengelola tidak ingin mengambil resiko karena kondisi kurang memungkinkan untuk para turis, pasalnya kerusakan pada Pulau Libery ditakutkan dapat membahayakan pengunjung. Sekitar 75 persen wilayah pulau Liberty terendam air, dan hampir semua infrastruktur di pulau yang luasnya mencapai 15 hektar tersebut hancur oleh air yang ketinggiannya mencapai 5 kaki lebih. Karena kondisi tersebut pengelola dan pemerintah setempat memutuskan untuk menutup kunjungan wisata sementara waktu dan direnovasi.

Kini tepat pada perayaan Hari kemerdekaan Amerika Serikat yang diperingati setiap tanggal 4 Juli, patung Liberty dioperasikan kembali.

Dilansir CNN (4/7), Menteri Luar Negeri AS, Sally Jewell merasa bangga saat meresmikan pembukaan kembali simbol kebebasan AS. “Sulit membayangkan cara yang lebih dramatis untuk merayakan kemerdekaan daripada pembukaan kembali Patung Lyberty yang menjadi simbol pernyataan pada dunia tentang penghargaan atas kebebasan dan kemerdekaan di Amerika” paparnya.

Patung Liberty bukan saja simbol di Negeri Paman Sam itu, tapi juga menguntungkan untuk sektor pariwisata. Dari data Depdagri AS disebutkan, tahun 2011 sekitar 3,7 juta orang pengunjung memberikan keuntungan sebesar US$174 juta atau 1,7 triliun untuk perekonomian New York.

Walikota New York, Michael Bloomberg pun menyambut antusias dibukanya kembali situs sejarah untuk kebangkitan rakyat AS ini.  Bloomberg menjelaskan semua perbaikan akibat badai Sandy tidak hanya dilakukan untuk pembenahan, tapi langkah lain juga dilakukan untuk menjaga Pulau Liberty dari bencana badai di masa depan, termasuk upaya pencegahan di seluruh kota.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56963

Untuk melihat artikel Amerika / National lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Rosy Law