Pilih lokasi liburan

Pertama tentukanlah lokasi liburan anda. Saat ini begitu banyak pilihan, baik di dalam kota maupun di lura kota. Bila memilih di dalam kota, banyak hotel atau penginapan yang menyajikan berbagai acara menarik saat pergantan tahun. Biasanya, setiap Hotel memiliki acara sendiri. Mulai dari sajian musik hidup sampai gala dinner yang mewah. Yang jelas pilihlah tempat liburan yang sesuai dengan keuangan anda.

 Siapkan Uang Tunai dan Kartu Kredit atau ATM

Sebaiknya jangan terlalu banyak membawa uang tunai. Bawalah secukupnya saja, misal uang transport ditambah 10 persen uang tak terduga. Anda perlu juga membawa kartu kredit atau kartu ATM, sehingga jika anda kekuranagn uang, kartu tersebut menjadi jurus pamungkas.

 Perlengkapan

Bawalah perlengkapan secukupnya, jangan terlalu banyak membawa pakaian. Lebih baik membawa perlengkapan yang penting daripada kebanyakan bawa pakaian. Perlengkapan penting itu termasuk, obat-obatan, baju hangat, dan perlengkapan mandi.

Bawa Kartu Pengenal

Meski sepele, Justru inilah yang paling penting dan jangan sampai ketinggalan. Kartu pengenal adalah “nyawa” anda dalam perjalanan.

Selektif Membeli Oleh-oleh

Ini juga bagian yang tak kalah penting. Berhubung anda liburan, tentu tidak afdol bila tidak membli oleh-oleh. Tapi jangan sampai anda termakan nafsu membli segala macam oleh-oleh, yang ada uang dan kartu kredit anda terkuras habis. Bila anda berniat memberi oleh-oleh kepada banyak orang, misalnya tetangga anda, belilah oleh-oleh yang murah dan bisa dibeli dalam jumlah banyak.(yayat/foto:mbrown/flickr)