Yayasan Bina antar Budaya dan kedutaan AS menyelenggarakan The Youth Exchange and Study (YES) atau lebih dikenal sebagai program pertukaran pelajar. Program ini adalah kesempatan bersekolah dan belajar bagi siswa Indonesia selama setahun.

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar 15-18 tahun, yaitu lahir antara 1 Agustus 1995 – 1 Agustus 1997. Umumnya adalah siswa kelas X ke atas. Beasiswa ini khusus bagi pelajar di negara-negara dengan mayoritas penduduk muslim. Tenggat waktu pendaftaran adalah 24 April 2012.

Pelajar yang lolos seleksi dan mendapatkan beasiswa ini akan bersekolah selama hampir setahun di Amerika dan tinggal di keluarga angkat yang dipilih. Siswa yang terpilih juga akan belajar budaya AS dan menjadi duta budaya Indonesia di sana.

Yayasan Bina Antarbudaya didirikan pada tahun 1985 oleh para alumni pertukaran pelajar Indonesia -AS dan beberapa negara lain. Mereka diantaranya adalah Taufiq Ismail, Tanri Abeng, Irid Agoes, Kartono Mohamad, Anies Baswedan dan Sophie Gunawan Satari.

Tujuan Bina Antarbudaya adalah mencipatakan perdamaian dunia melalui pemahaman antarbudaya, mengembangkan dirinya sebagai organisasi milik masyarakat yang melibatkan berbagai kalangan tanpa adanya eksklusifitas dan elitisme. Mereka berprinsip tidak membedakan agama, ras, pendidikan, latar belakang sosial dan ekonomi, bersifat nirlaba dan berorientasi pada kepentingan orang banyak.

Untuk formulir dapat didownload di tautan: http://photos.state.gov/libraries/indonesia/171385/pdf/YES-FORMS.PDF

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37980

Untuk melihat artikel Pendidikan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :