KabariNews – Jenderal TNI Gatot Nurmantyo resmi menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Moeldoko setelah dilantik secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (8/7). Usai dilantik, Gatot mengucapkan sumpah jabatan dihadapan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya, untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung, dengan lupa atau dalih apapun juga tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siapapun juga, bahwa saya tidak akan menerima hadiah, atau suatu pemberian berupa apa saja, bahwa ia mempunya hal yang bersangkutan, atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya. Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit” kata Gatot mengucapkan sumpah.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 49 TNI Tahun 2015 tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Jenderal Gatot menggantikan Jenderal Moeldoko yang akan pensiun pada 1 Agustus mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo juga melantik Letnan Jenderal (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu resmi menjabat sebagai Kepala BIN ke-14 menggantikan Marciano Norman. Sebelumnya pencalonan Gatot Nurmantyo dan Sutiyoso telah mendapat persetujuan dalam rapat paripurna DPR RI pada Jumat (3/7) lalu.

Sejumlah Kabinet Kerja hadir dalam pelantikan tersebut, diantaranya Menteri Koordinator bidang Polhukam Tedjo Edhy Prudijatno, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo serta Menteri Agraria dan Tata ruang Ferry Mursyidan. Hadir juga Ketua DPR Setya Novanto, Wakik Ketua DPR Fadli Zon, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, Kepala BIN Marciano Norman dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78396

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Allan Samson

 

 

 

 

kabari store pic 1