KabariNews – Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang biasanya digelar di Istana Negara, untuk tahun ini akan berbeda. Peringatan HUT Kemerdekaan ke 71 tahun ini direncanakan akan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara.

Danau Toba ditetapkan sebagai pusat perayaan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 71 tahun pada 17 Agustus 2016 mendatang. Presiden Joko Widodo pun telah menyatakan kesiapannya hadir dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI di Danau Toba, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Utara.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya, bahwa Presiden telah mengintruksikan tahun ini Danau Toba  akan menjadi pusat perayaan HUT RI. Acara kenegaraan juga akan digelar di danau vulkanis tersebesar di dunia itu. Beberapa kegiatan besar juga tengah disiapkan dan akan digelar sebagai rangkaian Karnaval Katulistiwa.

Arief menambahkan, jika dulu orang mengenal peringatan hari kemerdekaan sebagai Pesta Rakyat, sejak tahun lalu Presiden Jokowi mengubahnya menjadi Karnaval Katulistiwa. Danau Toba merupakan tuan rumah kedua pelaksanaan yang sebelumnya diadakan di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat pada 23 Agustus 2015 lalu.

Menpar juga menjelaskan penunjukkan Danau Toba sebagai pusat perayaan HUT RI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Danau Toba.