bumbu racikan indonesiaProduk makanan dan minuman Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia sudah banyak yang masuk pasar impor Pantai Timur Amerika Serikat termasuk New York. Produk-produk yang kian banyak menarik perhatian konsumen AS antara lain sambal, kecap, bumbu tunggal (vanili, kayu manis, kluwek) dan bumbu-bumbu racikan (bumbu gulai, nasi goreng, bumbu pecel). Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi saat melakukan kunjungan kerja ke New York, AS pada 29- 31 Maret 2014.

“Makanan olahan Indonesia itu dilihat pasar AS sebagai ‘speciality food’ yang menarik karena karakteristiknya tertentu, seperti orginalitas, etnis atau latar belakang budayanya, cara pengolahan yang khas, bahan yang dipakai dan sifatnya eksklusif,” jelas Wamendag melalui siaran persnya (31/3).

Bayu menambahkan, pasar speciality food di AS mencapai sekitar USD 90 miliar dolar. Dari pasar yang besar itu, produk-produk dari Indonesia termasuk subkategori makanan ringan, minuman, saus, bumbu, acar dan olahan buah/sayur.

Saat ini di AS, lanjut Wamendag, minat konsumen yang besar ditujukan ke makanan dan bahan makanan dari Mediterania dan Asia khususnya India, Thailand, dan Vietnam. Namun, makanan-makanan dari Korea, Indonesia, dan Turki mulai banyak dicari. “Para pengecer makanan di New York menyebutkan bahwa mulai 2013 Indonesia dalah ‘a trending country for speciality food” paparnya.

ekspor kopiSatu yang di cari dari konsumen untuk makanan dan minum Indonesia adalah Indonesia exotic flavors. “Bahan-bahan yang diperkirakan akan meningkat permintaannya yaitu kopi dan kakao, olahan kelapa, olahan bumbu serta beras organik” ungkap Bayu.

Ekspor makanan olahan Indonesia ke AS saat ini baru mencapai USD 75 juta dolar dan sekitar 40 persen diekspor oleh UKM. Ekspor tersebut berpotensi meningkat menjadi USD 125 juta dalam 2-3 tahun ke depan, dengan UKM tetap memegang pernana penting. “Kunci utamanya adalah seberapa mampu produsen Indonesia melakukan supply response terhadap peningkatan permintaan” pungkasnya.

Untuk share artikel ini klik www.kabariNews.com/?62726

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Tip Top

 

 

 

 

 

Kabaristore150x100-3