Putera Sampoerna, pendiri Putera Sampoerna Foundation memperoleh penghargaan dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat. Penyerahan diselenggarakan di Nusa Dua Bali, minggu lalu (12/12) oleh Sekretaris Perdagangan Internasional AS, Francisco Sanchez dan diterima langsung oleh Putera Sampoerna.

Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Bappenas Armida Alisjahbana, dan duta besar RI untuk AS Dino Patti Jalal juga hadir dalam acara tersebut.

Dalam penjelasannya, Sanchez mengatakan bahwa Peace through Commerce Medal Award, diberikan kepada individu, group, atau organisasi yang telah meningkatkan hubungan baik sebuah negara dengan AS. Medali tersebut, pertama kali diberikan oleh Thomas Jefferson pada 1790 kepada diplomat asing yang membantu continental Congress ketika AS mengalami revolusi di dalam negerinya. Tahun ini, ada 8 peraih medali tersebut dan Putera Sampoerna satu-satunya dari Indonesia.

Sampoerna dalah sebuah perusahaan rokok besar di Indonesia yang memproduksi rokok yang dikenal luas, seperti Sampoerna Kretek, A Mild, serta “Raja Kretek” yang legendaris Dji Sam Soe.  Pada bulan Mei 2005, PT Philip Morris Indonesia, afiliasi dari Philip Morris International (PMI), mengakuisisi kepemilikan mayoritas atas Sampoerna. Sampoerna memiliki Sampoerna Foundation yang bergerak pada pendidikan dan sosial. 

Dalam kesempatan tersebut, Putera Sampoerna mengatakan dirinya merasa bersyukur menjadi bagian dari individu yang luar biasa di dunia. Apa yang dilakukannya melalui Putera Sampoerna Foundation (PSF), adalah meningkatkan pendidikan bangsa Indonesia dan menjalin hubungan dengan kampus-kampus di AS.

Dalam keterangan tertulisnya, PSF telah bekerjasama dengan 120 universitas dan perguruang tinggi di AS, untuk mendorong kolaborasi dan kesempatan bagi warga Indonesia yang berminat belajar di AS.

Adapun para peraih Peace through Commerce Medal, pada 2011 ini sebagai berikut:

1. Putera Sampoerna, Pendiri Putera Sampoerna Foundation, Jakarta, Indonesia
2. China Council for the Promotion of International Trade, Beijing China
3. Fred Irwin, President, American Chamber of Commerce di Jerman dan Vice Chairman Citigroup, Global Markets Deutschland AG, Frankfurt Jerman
4. Frederick Lam, Executive Director, Hong Kong Trade Development Council, Hong Kong
5. International Franchise Association, Washington, DC
6. Jerry Levine, President, Mentor International, San rancisco, Calif
7. Kiran Pasricha, Confederation of Indian Industry, Arlington, Va
8. Pete Peterson, President, Peterson International, Inc., Victoria, Australia

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37653

Untuk melihat artikel Pendidikan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :