Sekitar 95% air kelapa hanyalah air. Dengan demikian, dapat membantu mencegah atau mengobati dehidrasi.Di daerah tropis, air kelapa telah lama menjadi bagian dari pola makan dan praktik kesehatan.

Selain manis alami dan menghidrasi, air kelapa juga kaya akan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang banyak orang tidak mencukupinya.

Di bawah ini, ada tujuh manfaat air kelapa bagi kesehatan

1. Elektrolit

Air kelapa mengandung elektrolit alami. Misalnya, 1 cangkir mengandung 600 miligram (mg) potasium, yaitu 16% dari nilai harian (DV). Kalium berperan penting dalam tubuh, termasuk membantu fungsi ginjal dan kontraksi otot.

Air kelapa bisa menjadi alternatif alami minuman olahraga seperti Gatorade. Meskipun air kelapa sering kali memiliki lebih banyak potasium dibandingkan minuman olahraga pada umumnya, air kelapa cenderung memiliki lebih sedikit natrium, elektrolit utama yang hilang melalui keringat.

Selain itu, kandungan karbohidratnya lebih sedikit dibandingkan minuman olahraga lainnya. Artinya, produk ini mungkin tidak memberikan peningkatan energi yang cukup selama latihan yang berat atau lama, namun dapat membantu rehidrasi setelahnya.

2. Hidrasi rendah kalori

Satu cangkir air kelapa mengandung 45 kalori. Academy of Nutrition and Dietetics menekankan bahwa ini adalah pengganti minuman seperti soda dan jus, yang umumnya tinggi kalori, gula, dan karbohidrat.

Siapa pun yang menganggap air putih tidak menggugah selera mungkin mendapati bahwa meminum air kelapa sepanjang hari dapat meningkatkan hidrasi mereka.

3. Nutrisi

Air kelapa mengandung beberapa nutrisi selain potasium, termasuk kalsium dan magnesium.

Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 600 mg potasium, sedangkan untuk konteksnya, pisang ukuran sedang mengandung 420 mg. Bagi siapa pun yang ingin menambah asupan kalium, air kelapa bisa menjadi pilihan yang baik.

Kalium membantu menjaga keseimbangan kadar cairan dan elektrolit, terutama saat berolahraga. Dan karena kandungan potasium lebih banyak daripada natrium dalam air kelapa, potasium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah – dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kalsium mendukung kekuatan tulang dan gigi, serta membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik. Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 56 mg kalsium, 4% dari DV.

Magnesium membantu memindahkan kalsium dan potasium ke otot, dan juga membantu produksi energi dan fungsi organ. Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 60 mg magnesium, yaitu 14% dari DV.

Namun, air kelapa bukanlah sumber kalsium atau magnesium yang terkonsentrasi, sehingga tubuh perlu menyerap nutrisi tersebut dari sumber lain juga.

4. Manfaat kesehatan jantung

Air kelapa dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kaliumnya dapat membantu mengurangi tekanan darah. Selain itu, sebuah penelitian terdahulu menemukan bahwa air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meskipun air kelapa dapat berperan dalam pola makan yang menyehatkan jantung, seseorang tetap harus mengikuti rekomendasi diet dari dokternya.

5. Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan yang membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas.
Meskipun beberapa penelitian selama bertahun-tahun telah meneliti antioksidan dalam air kelapa, relatif sedikit penelitian yang melibatkan manusia.

Salah satu penelitian terbaru, yang diterbitkan pada tahun 2016, menemukan bahwa antioksidan potensial tinggi dalam air kelapa membantu mengurangi penanda kolesterol pada tikus.

6. Manfaat gula darah

Meminum air kelapa tanpa pemanis sebagai pengganti minuman manis dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darahnya. Namun air kelapa tanpa pemanis mengandung gula alami, sehingga seseorang mungkin perlu membatasi asupannya.

Dalam sebuah penelitian tahun 2015 yang melibatkan model tikus diabetes, para peneliti menemukan bahwa air kelapa menyebabkan peningkatan kontrol gula darah dan penurunan kadar gula darah secara keseluruhan.
Pelajari lebih lanjut tentang makanan mana yang termasuk dalam diet diabetes.

7. Manfaat kesehatan ginjal

Minum air kelapa secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2018 pada peserta tanpa batu ginjal, air kelapa membantu mereka kehilangan lebih banyak sitrat, kalium, dan klorida saat buang air kecil, yang menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu melonggarkan batu atau mencegah pembentukannya.

Dalam studi tahun 2021 pada tikus, peneliti menemukan manfaat serupa. Mereka juga mengutip beberapa temuan sebelumnya bahwa air kelapa dapat membantu meringankan kerusakan ginjal akibat diabetes.

Sumber foto: Thunyarat Klaiklang / Pexels.com

Baca Juga: