Dalam rangka merayakan sekaligus mempererat hubungan diplomatik Indonesia – Amerika Serikat, Konsulat Jenderal RI di Los Angeles Saud P. Krisnawan turut serta secara aktif pada kegiatan membersihkan pantai di Santa Monica, Los Angeles, AS.

Bekerja sama dengan sebuah organisasi non-profit di Los Angeles yang menaruh perhatian pada isu-isu lingkungan, Heal the Bay, kegiatan ini ikut melibatkan tidak kurang dari 100 komunitas Diaspora Indonesia yang berdomisili di wilayah LA dan sekitarnya.

“Tahun ini, Indonesia dan AS merayakan hubungan diplomatik yang ke-70. Kegiatan membersihkan pantai merupakan upaya penguatan hubungan antar masyarakat (people to people) kedua negara,” ungkap Saud P. Krisnawan, Konsul Jenderal RI di Los Angeles.

Konjen Saud berbincang dengan tokoh setempat

Menurut sang Konjen, keikutsertaan dari komunitas Diaspora Indonesia pada aksi bersih-bersih pantai disambut dengan sangat positif oleh pihak setempat.

“Tadi saya ngobrol-ngobrol dengan koordinator panitia setempat, mereka sangat berterima kasih atas partisipasi masyarakat kita di aksi membersihkan pantai kali ini. Ke depannya, bahkan kami sepakat untuk menjalin kerja sama terkait isu pengelolaan lingkungan,” ungkap Saud.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini diadakan serentak di seantero Los Angeles County, California. Belasan ribu relawan turut berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih pantai ini. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Heal the Bay, kegiatan serupa yang diselenggarakan pada tahun lalu berhasil membersihkan lebih dari 400 ton sampah.