Pada peluncuran album terbaru, Rebellion Rose berkolaborasi bersama LindungiHutan dan mengajak penggemarnya untuk menyelamatkan Desa Bedono di Kabupaten Demak dari kerusakan lingkungan.

Band punk rock asal Indonesia, Rebellion Rose, tidak hanya menyuarakan suara perlawanan melalui musik yang mereka ciptakan tetapi juga memberikan aksi dan dampak secara nyata untuk kelestarian lingkungan.

Pada peluncuran album terbarunya “Hanya Cinta Yang Dapat Tumbuh Disini”, Rebellion Rose menggandeng LindungiHutan dalam aksi penghijauan dengan mendonasikan sebagian keuntungan dari penjualan album tersebut untuk menanam mangrove.

Rebellion Rose juga mengajak penggemarnya untuk terlibat dalam aksi lingkungan dengan cara melakukan pembelian Boxset album terbarunya yang berarti turut serta mendonasikan sejumlah pohon untuk Desa Bedono. Melalui dukungan dari para penggemar, Rebellion Rose berhasil mengumpulkan 1.010 bibit mangrove dan kemudian ditanam pada 22 Desember 2023 di Desa Bedono, Kabupaten Demak.

Aksi tersebut melibatkan beberapa Comrades Indonesia atau penggemar dari Rebellion Rose dan mitra petani yang membantu proses penanaman.

Desa Bedono yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa ini tengah menghadapi persoalan serius mengenai lingkungan dan ekosistem. Abrasi, banjir rob, alih fungsi lahan menjadi tantangan di desa tersebut akibat dari ulah manusia maupun secara alami. Bahkan, di Desa Bedono pernah menjadi lokasi banjir rob terparah di Pulau Jawa.

Dalam 10-20 tahun terakhir, terus terjadi pengikisan daratan sehingga ratusan warga kehilangan tempat tinggal dan mata pencaharian sehari-harinya.

Melalui penanaman ribuan mangrove ini, Rebellion Rose membantu upaya penyelamatan dan perlindungan terhadap kelestarian Desa Bedono. Kolaborasi ini dapat menginspirasi bagi para penggemar musik dan masyarakat umum untuk lebih peduli dengan kelestarian alam di sekitar kita.

Salah satu Comrades Indonesia, Felix, pada saat penanaman mengatakan, “Dari penanaman ini harapannya dapat memotivasi anak-anak muda agar menjaga lingkungan bersama”.

Vero, anggota Comrades Indonesia yang mengikuti aksi penanaman menambahkan, “Kita juga dapat bermanfaat bagi lingkungan termasuk di desa ini”.

LindungiHutan mengapresiasi atas aksi yang telah dilakukan Rebellion Rose beserta Comrades Indonesia yang terlibat dalam upaya penghijauan di Desa Bedono.

Sumber foto: Istimewa

Baca Juga: