KabariNews – Untuk kelima kalinya dalam enam tahun terakhir, jumlah film kategori Best Foreign Language Film (film berbahasa asing terbaik) di ajang Piala Oscar tahun depan memecahkan rekor, dengan total 92 negara yang berhak memenangkan penghargaan tersebut. Enam negara di antaranya, yakni Haiti, Honduras, Republik Demokratik Rakyat Laos, Mozambik, Senegal dan Suriah, mengirimkan film perwakilan mereka untuk pertama kalinya.

Sementara itu, Indonesia akan diwakili oleh film Turah yang lolos di antara 130 film yang masuk ke meja seleksi Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI). Christine Hakim, aktris senior sekaligus salah satu anggota komite PPFI, menilai film yang disutradarai oleh Wicaksono Wisnu Legowo ini memiliki karakter yang kuat. Menurutnya, film tersebut juga relevan di tengah krisis kemanusiaan yang terjadi di muka bumi. Teme-tema tersebut juga biasanya diincar oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) selaku panitia Piala Oscar dan yang menunjuk PPFI sebagai perwakilan resmi di Indonesia.

Turah bercerita tentang kerasnya persaingan hidup masyarakat Kampung Tirang di Kota Tegal. Mereka mengalami isolasi selama bertahun-tahun yang kemudian memunculkan berbagai problematica kehidupan. Film berdurasi 83 menit ini diproduksi oleh Rumah Produksi Film Fourcolours Films dan diproduseri oleh Ifa Isfansyah (sutradara film layar lebar Pendekar Tongkat Emas). Film ini telah berhasil memboyong beberapa penghargaan, di antaranya Geber Award dan Netpac Award dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival serta Asian Feature Film Special Mention di Singapore International Film Festival.