Sinopsis Buku

Judul Buku        :  Gagasan Indonesia Modern berbasis NeuroLeadership

Penulis               :  Dr. Taruna Ikrar

Tebal                  :  283 Halaman

Penerbit             :  PT. Tasco Jaya Indonesia

Distributor dan Pemasaran: Center for Neuroleadership Indonesia (www.neuro-leadership.id)

Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia. Banyaknya jumlah populasi ini hendaknya dibarengi dengan kemampuan me-manage dan memimpin Indonesia agar siap menghadapi persaingan global, termasuk juga bonus demografi yang dapat memberi keuntungan besar bagi Indonesia, atau justru kerugian karena tidak adanya persiapan.

Buku ini disusun atas dasar mempersiapkan Indonesia yang lebih baik. Dahulu Bung Karno, bapak proklamator Indonesia pernah berkata, “Jangan pernah melupakan sejarah!” Seperti itu pula semangat yang hendak dihadirkan melalui buku ini, karena sebagian besar buku ini berisi uraian Prof. Dr. Taruna Ikrar  yang dibahas berdasarkan alur pemikiran seorang neurosaintis.

Sehingga, topik yang dibahas pun amat beragam: dari skala lokal sampai internasional; dari iman sampai hard science; dari kejahatan sampai soal Tuhan; dari soal korupsi sampai pemilu. Yang menarik dari kesemua catatan ini, bahwa semuanya saling terhubung dan melengkapi, seperti halnya rangkaian sinaps yang terjalin di dalam otak, dengan premis dasar yang sangat jelas: ajakan untuk optimistik dalam memandang masa depan.

Dr. Taruna Ikrar dengan jujur merumuskan dan kemudian mengurai setiap persoalan apa adanya, tanpa niatan untuk merelatifkan apalagi menutupinya. Bahkan, melalui tulisan-tulisan itu, kita bisa ikut merasakan betapa geramnya Dr. Taruna Ikrar melihat persoalan yang diulasnya: Melihat korupsi yang justru melibatkan petinggi mahkamah konstitusi; melihat manajemen kesehatan yang porak poranda; melihat calon presiden yang miskin visi internasional; melihat diabaikannya para cerdik pandai; melihat radikalisme berbungkus agama; dan sebagainya.

Tetapi pada saat yang sama, sesuai dengan kapasitasnya, Dr. Taruna Ikrar enggan terjebak dalam kegenitan “asal komentar.” Dalam artikel-artikelnya dia banyak menghindari memberikan resep solusi yang instan. Dalam sebagian artikel dia lebih memilih menyerukan perubahan cara berpikir, yang secara berkelanjutan bisa dijadikan perangkat untuk mencari solusi; sementara pada artikel yang lain dia memilih untuk membantu menempatkan persoalan dalam perspektif yang semestinya.

Daya pikat lain dari artikel-artikel penulis adalah logika epistemiknya yang entrepreneurial. Bagaimanapun juga, seluruh artikel ini adalah sebuah penjabaran logika, disiplin ilmiah, dan cara pikir dalam melihat sesuatu. Dengan kata lain kumpulan artikel ini adalah paparan bagaimana Dr. Taruna Ikrar sedang berepistemologi. Dalam berepistemologi itu, terasa sekali bahwa Prof. Taruna Ikrar menggunakan mindset entrepreneurial, khususnya dalam memandang masalah. Bagi seorang entrepreneur, menemukan masalah, dengan definisi dan batasan yang jelas, adalah langkah awal untuk menemukan solusi; karena bisnis yang terbaik adalah bisnis solusi. Karena itu bagi seorang entrepreneur, masalah adalah aset. Semakin besar masalah yang ditemukan, semakin besar aset yang dia miliki.

Buku ini kami bagi dalam lima kelompok besar, dan setiap kelompok besar terdapat dua sampai lima kelompok kecil, dan dalam kelompok kecil terdapat dua sampai tujuh artikel. Kelima kelompok besar itu adalah (1) soal neuroscience dan SDM, (2) kesehatan dan kebijakan kesehatan, (3) politik nasional dan internasional, (4) kebijakan publik, dan (5) Islam.

Buku ini sebagai wahana baru dalam memandang kepemimpinan berbasis neurosains, sehingga sangat layak menjadi referensi ilmu kepemimpinan. (Kabari1005)