KabariNews – Sebanyak 2.888 prajurit Marinir dari Pasukan Marinir-1 Surabaya (Pasmar-1) berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan berenang melintasi Selat Madura sejauh 5,5 km, sebagai rentetan acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pasmar-1 yang ke 15, Kamis (28/04).

Pasukan Marinir berenang melintasi Selat Madura sejauh 5,5 km dengan mengambil  start dari bawah jembatan Suramadu sisi Surabaya (Tambak Wedi) dan finish di desa Labang, Kecamatan Labang, Bangkalan (kaki jembatan Suramadu sisi Madura).

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana Ade Supandi, juga ikut berenang didampingi Komandan korps Marinir, Mayor Jendral (Mayjen) Marinir (Mar), Buyung Lelana dan Komandan Pasmar-1, Brigadir Jendral (Brigjen) Marinir, Lukman, untuk memeriahkan HUT Pasmar-1 yang jatuh pada tanggal 22 April 2016.

“Saya ikut berenang untuk memberikan semangat kepada prajurit Marinir, agar datang, berenang, dan pulang tetap 2.888 pasukan”, kata KASAL, Ade Supandi. Selanjutnya KASAL mengatakan, pihaknya juga ingin mengukur kemampuan pasukan amfibi untuk berenang. KASAL juga mengharapkan, momen seperti ini akan terus berlanjut.

Peserta perenang Pasmar-1 mengenakan pakaian seragam loreng hijau dilengkapi dengan penutup kepala (swim cap), pelampung tangan, dan kacamata renang. Arus yang cukup deras dan munculnya ubur-ubur di kaki jembatan Suramadu menjadi hambatan utama peserta.

Komandan korps Marinir, Mayjen (Mar), Buyung Lelana mengatakan, jumlah peserta melebihi target awal dari 2.016 pasukan, bertambah mencapai 2.888 pasukan. “Alhamdulillah semua selamat mencapai garis finish, selain Marinir turut berpartisipasi dari Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dan seorang anak berusia 12 tahun, putra seorang prajurit Marinir” kata Buyung.

Acara tersebut juga menarik perhatian warga yang melintasi jembatan Suramadu. Banyak diantara pelintas jembatan, berhenti memacu kendaraannya untuk menonton dari atas jembatan sambil mengabadikan momen yang langka itu. (Yan-Jatim)