Indonesia meraih lima emas dan satu perak pada kontes robot Robogames 2012 yang diadakan di San Mateo, AS minggu lalu (24/4). Tim Indonesia diwakili oleh Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dan Universitas Gajah Mada (UGM).

Lima emas itu terdiri dari dua emas dan satu perak dari UGM dan tiga emas dari Unikom. Tiga kategori yang dijuarai oleh tim dari Unikom adalah Shooting Gallery, Walker Challenge, dan Ribbon Climber. Sebelumnya, Unikom meraih dua medali emas dan satu medali perak di kontes Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and Robo Waiter di Hartford, Connecticut dari kategori robo waiter entry level dan advanced level ditambah satu medali perak untuk advanced level.

“Unikom memperbaiki prestasi tahun lalu dengan perolehan 4 medali emas dan 1 medali perak di tahun 2011 dari dua kontes tersebut,” kata Rektor Unikom, Eddy Soeryanto Soegoto.

Sedangkan W akil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Teknik UGM, Prof. Jamasri mengungkapkan, tim robot UGM melibatkan mahasiswa dari Fakultas Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, FMIPA serta sekolah vokasi. Dari 59 even yang dilombakan, UGM mengikuti tujuh even dan berhasil menang di tiga even.

“Penghargaan yang berhasil diraih oleh tim UGM adalah satu emas dari robot iron fire, yakni robot yang memadamkan lilin (Fire Fighting) dan satu emas dari robot isrobot stand balancing (Robot Kesetimbangan Dua Roda),” ujarnya.

Robot yang meraih medali perak adalah robot i-kinematic berkaki untuk kategori jalan halang rintang (Walker Chalange). “Prestasi ini cukup membanggakan karena UGM berhasil bersaing dengan 238 tim yang mempertandingkan 682 robot dan 1.039 engineers,” katanya.Kemenangan dua universitas tersebut diakuinya menjadi modal berharga untuk pengembangan ilmu robotika di berbagai universitas di tanah air.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?38092

Untuk melihat artikel Pendidikan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :