Penderitaan Setengah Abad pun Telah Berakhir


Warna hitam dan oranye bermunculan di kota San Francisco. Ini membuktikan bahwa dukungan kuat para penduduk San Francisco untuk tim baseball kotanya—San Francisco Giants. Liga Giants, yang lahir sejak tahun 1954, untuk pertama kalinya dalam lebih dari 50 tahun memenangkan kejuaraan Nasional Negara AS. Sorak sorai “Let’s Go Giants” pun berkumandang di seluruh kota San Francisco.


Banyak para baseball fans di seluruh AS “syok” berat akan kekalahan liga hebat Philadelphian Phillies, dan ketika Texas Rangers mengalahkan tim New York Yankees yang seringkali menjadi juara dunia. The Giants, yang telah memenangkan kejuaraan baseball Nasional AS atau secara resmi disebut “World Series” selama lima kali, berhadapan dengan liga Texas Rangers dalam final 2010 World Series. Tepatnya tanggal 1 November di kota Arlington di negara bagian Texas, game kelima Giants vs Rangers yang dihadiri oleh mantan Presiden AS George W. Bush dan istrinya Laura, berlangsung tegang. Akan tetapi akhirnya, dengan skor 3-1, Giants mengalahkan Rangers cukup telak.


Walaupun memiliki sekian banyak prestasi yang mengagumkan, Giants sangatlah dikenal karena mempunyai salah satu lapangan yang kurang memadai akibat kondisi cuaca yang buruk. Liga San Francisco Giants menduduki peringkat ketiga dalam hal championship drought, yang berarti menderita kekalahan dalam periode yang cukup panjang, diantara liga-liga baseball Nasional AS lainnya. Pada tahun 1985 mereka mengalami kekalahan sebanyak 100 games dalam satu season saja, hal ini memecahkan rekor paling banyak dalam sejarah. Kemudian, pada tahun 1989, tahun dimana mereka berhasil menembus posisi finalis dalam kejuaraan World Series, harus menelah pil pahit karena kalah oleh liga Oakland As, kota yang terletak di seberang jembatan saja. Dan pada saat itu terjadi penundaan selama sepuluh hari karena kejadian gempa dahsyat Loma Prieta.


Pelempar handal Giants masa kini, All-Star pitcher, bernama Tim Lincecum, adalah salah satu pemain top. Pria muda berambut gondrong ini berhasil mengantongi 16 wins (kemenangan) dan 231 strikeouts (lemparan “mati”). Jagoan pitcher satunya lagi adalah Brian Wilson. Atlit berjenggot berkarakter eksentris, yang menciptakan slogan “Fear the Beard”, merupakan pelempar tangguh yang berhasil memimpin timnya dengan 48 saves (penyelamatan).


Walikota San Francisco Gavin Newsom dengan bangganya berkata, “Penduduk San Francisco sangat bangga akan kemenangan Giants. Selamat kepada semua pemain dan seluruh staf organisasi San Francisco Giants. Kalian semua berhak mendapatkan kejuaraan yang sangat bersejarah berkat kemampuan, determinasi, dan kerja sama yang pada akhirnya membuahkan hasil yang mengagumkan dan membawa pertalian yang tambah erat diantara penuduk San Francisco.”


Semua para pemain dan seluruh staf organisasi San Francisco Giants diberi kehormatan dan disambut meriah oleh kota San Francisco dengan adanya parade yang sangat spektakuler pada hari Rabu tanggal 3 bulan November. Puluhan ribu pengunjung dari berbagai kota datang memeriahkan parade kemenangan Giants, semenjak tahun 1954. Di akhir parade, di acara pidato dan penutupan yang berlokasi di podium San Francisco City Hall atau kantor departemen Walikota, oleh walikota Gavin Newsom, seluruh tim San Francisco Giants diberikan tanda kehormatan yaitu sebuah kunci tanda kehormatan atau tepatnya “key to the city”.


(Inna/berbagaisumber)