Tahun ini merupakan tahun yang keempat diadakan di Treasure Island, dan festival ini awalnya diadakan oleh komunitas Asian-Americans. Bagi anda yang kurang familiar, olah raga Dragon Boat adalah terdiri 20 orang pendayung, penabuh dram, dan seorang penyetir bergotong-royong mendayung sampai ke garis finish. Dragon boat merupakan kategori olah-raga ber-grup yang kunci kesuksesannya terdapat di kecepatan, kekuatan, daya tahan, dan sinkronisasi dayungan para pesertanya. Dan lebih menariknya lagi, semua orang dari berbagai macam kalangan dan latar belakang fisik bisa ikut serta, jadi bukan hanya untuk atlit saja. Viani Gerungan, satu-satunya peserta Indonesia dan salah anggota tim Ripple Effect yang tahun ini grup ganda putra-putri berhasil meraih medali perak berujar, “Setiap orang bisa ikut, tua-muda, gendut-kurus, perempuan-laki, atlit-non atlit bisa menjadi peserta tim dragon boat.” Tidak heran jika olah raga dragon boat merupakan salah satu kategori olah raga yang sangat dianjurkan bagi anggota keluarga, anggota pegawai kantor, atau murid-murid sekolahan. Tahun ini saja ada sekitar lebih dari 50-an tim dragon boat yang berasal dari kota-kota besar Amerika Serikat maupun negara-negara lain seperti Canada, Taiwan, dan Hong Kong. Seperti yang disebut diatas, berbagai tim terdiri dari kalangan yang berbeda-beda. Ada tim yang bernama San Francisco Rainbow Koi yang terdiri dari peserta gay dan lesbian, tim Paddle Past Cancer yang anggotanya selamat dari penyakit kanker atau bersaudara penderita kanker, dan yang paling mengharukan adalah tim Blind Ambition dimana para pendayungnya semua kaum tuna netra.

Suguhan hiburan para pengunjung bukan melihat tim favoritnya berlomba mendayung saja, namun juga dijamu musik panggung oleh band-band lokal, grup dance hip-hop remaja, bahkan stan pijit gratis yang disponsori oleh klinik kesehatan Kaiser Permanente. Selain itu juga, bagi keluarga yang membawa anak-anak kecil, terdapat stan besar khusus Children’s Dragon land dimana tersedia aktifitas-aktifitas seni kerajinan tangan bernuansa naga. Tidak kalah lagi, stan-stan makanan asia yang aromanya juga antriannya tercium dan terlihat dari jauh.

Sejarah olah raga dragon boat berawal dari negeri Cina bagian Selatan lebih dari 2000 tahun lalu. Legenda mengatakan bahawa ada seorang penasihat dari kerjaan Chu bernama Qu Yuan, terjun ke dalam air sungai Mei Luo yang protes karena kecewa dengan korupsi pemerintah kerajaan tersebut. Mendengar tragedi tersebut, para nelayan lokal bekerja sama dan berlomba mendayung perahu sembari menabuh dram untuk menyelamatinya dari terkaman naga air. Nah, makanya olah raga dragon boat diciptakan berdasarkan peristiwa ulang atau re-enaksi tragedi legenda terjunnya Qu Yuan ke dalam air sungai Mei Luo.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi situs California Dragon Boat Association di www.cdba.org  (Inna)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?32074

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Photobucket