Yadi hanya bisa termenung di beranda rumahnya. Matanya sayu dan tubuhnya lemas tak bertenaga. Energi dan pikirannya benar-benar habis terkuras memikirkan nasib ayahnya.

Yadi adalah anak kesayangan Ayahnya. Begitupula Yadi, ia amat mencintai Ayahnya. Meski mereka tiga bersaudara, Ayahnya memang jauh lebih dekat dengan Yadi daripada adik-adiknya. Kini Ayahnya tengah sakit keras, sakit gagal ginjal. Seminggu dua kali Ayahnya harus cuci darah sepanjang hidupnya. Biaya sekali cuci darah 500 ribu sampai 750 ribu rupiah. Gila, uang darimana?

Yadi hanya karyawan sebuah bengkel motor kecil, adiknya yang perempuan memang sudah bekerja, tapi cuma kerja di warung makan Padang. Sementara adiknya yang paling kecil masih sekolah. Ibu Yadi cuma ibu rumah tangga. Ayah Yadi bekas pedagang buah yang tak punya uang pensiun atau tabungan sekalipun. Yadi ingin sekali meminta bantuan saudara-saudaranya, tapi minta bantu apa? Mereka semuanya pun hidup serba kekurangan.

Ayah Yadi pernah dua kali cuci darah, biayanya patungan dengan adiknya. Tapi setelah itu berhenti, Yadi tak punya uang lagi. Bahkan kini ia harus menangguk utang saat Ayahnya bolak-balik periksa ke dokter sebelum divonis gagal ginjal kronis.

Yadi tahu bahwa bisa saja dilakukan transplantasi ginjal. Ia bahkan rela memberikan satu ginjal miliknya untuk Ayahnya. Tapi biaya operasinya luar biasa mahal, sekitar 150 juta rupiah ditambah sekian juta untuk uang medical chek up rutin pasca operasi. Uang sebanyak itu darimana? Yadi dan keluarganya benar-benar menyerah. Beberapa bulan kemudian Ayahnya akhirnya berpulang.

Ginjal merupakan organ penting dan vital dalam tubuh manusia.Panjanganya berkisar 11-12 cm, lebarnya 5-7 cm, dan sebesar telapak tangan. Letaknya dibelakang perut, dekat tulang belakang dibawah hati dan limpa. Fungsinya menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk urine. Penyakit ginjal bermacam –macam. Yang parah adalah gagal ginjal kronik. Ini adalah ginjal gagal berfungsi sehingga fungsi penyaringan darah pun gagal diemban si ginjal. Sehingga diperlukan proses pencucian darah manual yang berbiaya mahal.

Umumnya manusia mampu hidup normal hanya dengan satu ginjal, tapi jika keduanya rusak permanen maka diperlukan dialisis atau cuci darah sepekan dua kali selama seumur hidup.

Oleh karena ‘ngerinya’ penyakit ini, segera berobat jika menemukan gejala penyakit ginjal. Mari kita sayangi hidup kita dengan pola hidup sehat..mulai dari sekarang!(yayat)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/31271

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan