KabariNews – Setelah sukses mengadaptasi salah satu cerita pendek dari novel berjudul Filosofi Kopi karya Dewi Lestari, Visinema Pictures siap memproduksi sekuel Filosofi Kopi The Movie (2015). Sekuel film ini akan diberi judul Filosofi Kopi: Ben & Jody. Film ini tetap menjadikan Duet Chicco Jerikho (Ben) dan Rio Dewanto (Jody) sebagai kekuatan utama.

“Ben & Jody” merupakan film pertama yang mengajak penonton untuk turut menentukan jalan cerita. Melalui konsep ‘user generated movie’ Visinema Pictures mencoba melibatkan lebih banyak orang dalam proses penciptaan film.

Angga Sasongko, sutradara film ini  menuturkan bahwa proses penulisan skenario film ini berbeda dengan film pada umumnya.  “Filosofi Kopi: Ben & Jody merupakan film pertama yang menerapkan konsep User Generated Movie. Seperti film yang pertama di mana publik diajak untuk menentukan konsep visual dalam film, maka di film yang kedua ini publik bisa turut terlibat dalam proses ‘meracik cerita’ film Ben & Jody.  Tetapi, tentu saja Dewi Lestari akan dilibatkan secara langsung dalam proses pemilihan dan penyusunan cerita.” Jelasnya di sela konferensi pers, Jakarta (19/02).

“Masyarakat bisa men-submit ide mereka melalui website www.filosofikopi.id. Kami akan mengangkat cerita yang terpilih ke dalam film serta memberikan hadiah uang tunai sebesar Rp.10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah), serta berhak mendapat hadiah uang tunai Beasiswa workshop scriptwriting di PlotPoint serta mengikuti proses Big Reading bersama segenap Cast. Dua cerita yang terpilih akan disusun ulang oleh Saya sendiri bersama dengan Dewi Lestari dan Angga Dwimas Sasongko”  ujar Anggai Kharisma, selaku produser.  Ia pun berharap melalui konsep pembuatan film dengan cara seperti ini, dapat menjadi ajang untuk memunculkan bakat – bakat baru dalam penulisan film yang selama ini tidak mendapat kesempatan.

Selain Anggia, ada Rio Dewanto yang terlibat produser di film ini juga menuturkan bahwa dirinya sangat mendukung rencana penerapan konsep ‘user generated movie’ pada film ini.  Hal tersebut dikarenakan sejalan dengan komitmennya untuk   memberikan kesempatan kepada para penulis berbakat, kami ingin memunculkan lebih banyak penulis skenario berbakat di industri perfilman Indonesia.

Filosofi Kopi: Ben & Jody akan disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, Diproduseri oleh Anggia Kharisma, Handoko Hendroyono, Rio Dewanto serta Chicco Jerikho. Film ini akan diproduksi pada pertengahan tahun ini dan dirilis ke publik pada akhir tahun 2016. (1011)