Ratusan masyarakat, diaspora Indonesia, dan warga lokal AS ikut serta dalam Gowes Merdeka yang berlangsung di San Francisco pada 8 Juli 2023. Tidak kurang dari 300 orang datang dari komunitas gowes berbagai tempat di antaranya Los Angeles, Sacramento hingga kota-kota lain di wilayah San Francisco Bay Area di 8 seperti Alameda, Napa, Marin, Solano, Sonoma, San Mateo, Santa Clara, Contra Costa, dan San Francisco.

Acara sepeda tersebut digelar untuk menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 yang diadakan KJRI San Francisco.

Konjen RI San Francisco, Prasetyo Hadi mengatakan kegiatan Gowes Merdeka ini adalah bagian dari pemberdayaan rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke – 78 oleh KJRI San Fransisco bersama – sama bekerjasama dengan masyarakat dan diaspora Indonesia di wilayah pantai Barat Utara Amerika Serikat.

“Semangat untuk memupuk persatuan dan kesatuan elemen bangsa melalui olah raga kami pandang ini hal yang sangat positif, disaat pula kita melihat bahwa keberagamann dari latar belakang masyarakat baik dari segi usia, profesi, etnis, agama dan sebagainya. Sebagaimana dimaklumi bahwa wilayah di pantai Barat sebelah Utara ini memiliki masyarakat dan diaspora Indonesia yang cukup banyak, meskipun tidak sebanyak New York dan Los Angeles,” kata Prasetyo Hadi.

Dengan keberagaman masyarakat tersebutlah Prasetyo Hadi melihatnya menjadi suatu aset keberagaman Indonesia yang terus dibina, dipupuk persatuan dan kesatuan kerjasama dan berkolaborasi bersama perwakilan Indonesia untuk meningkatkan citra positif Indonesia di Amerika Serikat yang menjadi salah satu tugas Diplomasi KJRI di San Fransisco.

Kegiatan Gowes Merdeka ini sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali sejak 2021 kemudian berlanjut di 2022 dan 2023. Maka di tahun 2022 KJRI SF tidak saja melanjutkan tetapi a bersama dengan komunitas Gowes Indo SF seperti tahun 2021 merancang kegiatan ini dengan mengusung tema Gowes Go Green.

“Kita ingin menggunakan tema tersebut dengan beberapa juga hal – hal yang kita bawa, misalnya tidak menggunakan botol plastik dan sebagainya tetapi menggunakan tumbler selama untuk bersepeda kemudian kita menjaga kebersihan dan sebagainya,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan ini juga mengundang corps diplomatic untuk ikut serta dalam kegiatan, rute sepedanya disesuaikan tetapi menggunakan variasi, kombinasi antara rute yang dilalui di daerah obyek wisata, perkotaan dan juga taman – taman.

“Di tahun 2023 kita menggunakan pola yang sama, bekerjasama dengan dukungan National Park US Federal dan terus mengundang peserta dari berbagai negara bagian yang juga semakin banyak dan juga diikuti masyarakat lokal di San Fransisco Bay Area,” tambahnya.

Artikel ini dapat dibaca juga di Majalah Digital Kabari Edisi 192

Simak wawancara KABARI dengan Konjen RI San Francisco, Prasetyo Hadi dibawah ini.