KabariNews – Tahun ini, pihak STAR Education kembali menyelenggarakan ajang Hari Bumi Anak-Anak (Children’s Earth Day) di kawasan penyelamatan satwa STAR Eco Station. Menginjak usianya yang ke-16, festival tahunan ini semakin diminati banyak kalangan dari berbagai jenjang usia. Hadirin yang kurang lebih mencapai 30.000 kepala tersebut disuguhi berbagai kegiatan interaktif yang bertemakan cinta dan ramah lingkungan.

Di stand Project Wildsong, misalnya, pengunjung diperkenalkan kepada serigala jenis high content wolfdog yang diberi nama Damu dan Cael. Menurut paparan pemiliknya, Cael merupakan saudara dari serigala yang muncul di serial televise True Blood dan Game of Thrones. High content wolfdog merupakan serigala dengan sedikit trah anjing. Bagi pengunjung yang berminat, mereka dapat berinteraksi dan bergambar bersama sang serigala. Di antara banyak stand yang menawarkan beragam kegiatan ramah lingkungan tersebut, nampak stand yang mewakili suara Indonesia yakni Orang Utan Republik Foundation yang dikepalai oleh pakar orangutan kenamaan Gary Shapiro.

Sebagai salah satu sponsor utama acara, pihak Disney menyediakan photo booth (bilik foto) bertemakan film layar lebar terbarunya, The Jungle Book. Hadir pula aktor pemeran ayah Mowgli dalam film tersebut, Ritesh Rajan. Ditemui di sela-sela acara, Ritesh mengatakan bahwa dirinya pernah menjadi salah satu pengajar Zumba di Star Education beberapa tahun silam. Dengan latar belakang hutan tersebut, ia berharap agar film The Jungle Book dapat menunjukkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan kepada audiens, terutama anak-anak.

Digelaran karpet hijau, kontributor Kabari News juga berkesempatan melakukan wawancara dengan Prophet Bolden, Hudson Yang, Forrest Wheeler, dan Ian Chen. Aktor-aktor anak dari serial televisi Fresh Off The Boat yang sedang naik daun di Amerika Serikat ini mengatakan bahwa mereka senang dapat kembali menghadiri festival tahunan tersebut. Dalam kesempatan tersebut, mereka berkomitmen untuk mempraktekan keseharian yang berwawasan lingkungan, seperti menggunakan lampu LED, mandi lebih cepat, dan membuang sampah pada tempatnya.

Selain hiburan, hadirin juga disuguhi kegiatan ramah lingkungan yang riil. Di stand Los Angeles Department of Water and Power (LADWP), penggunjung dapat me-recharge alat-alat elektronik mereka dengan charger raksasa bertenaga surya. Sementara itu, Culver City Public Works Sanitation mengajak pengunjung untuk mendaur ulang melalui truk recycle yang mereka datangkan dalam kesempatan itu. (1014)