KabariNews – Karena mata adalah  media komunikasi visual yang disalurkan ke otak. Otak kemudian mencerna dan mengirim sinyal kepada anggota tubuh yang lain untuk bergerak sesuai dengan kondisi visual yang dilihat mata. Namun mata juga kadang kerap mengalami kelelahan.

Untuk mengurangi kelelahan di mata, kita dapat melakukan senam mata. Dengan melakukan senam mata akan mencegah timbulnya tumor di belakang mata, mengurangi penyakit mata, menghilangkan lingkaran atau bengkak di bawah mata, selain itu  mengurangi keriput, membuat otot mata menjadi kuat dan tentunya mempertajam penglihatan, tidak memerlukan waktu yang banyak.

Sekarang singkirkan pekerjaan anda sejenak dan ikutilah tips berikut ini untuk mengistirahatkan mata Anda yang lelah.

Sebelum melakukan senam mata, kita dapat melakukan pemanasan dengan menggosok – gosok telapak tangan sampai hangat, kemudian tempelkan ke mata Anda, diamkan sesaat.

Tutup mata Anda selama 5 detik. Buka kembali selama 5 detik.  Ulangi beberapa kali.

Putar bola mata Anda searah jalan jarum jam kemudian kedipkan mata. Putar kembali bola mata Anda berlawanan dengan jalan jarum jam kemudian kedipkan mata. Ulangi beberapa kali.

Mainkan mata Anda dengan melihat beberapa benda, misalnya pensil sejauh 15 cm dari mata anda. Kemudian lihatlah benda lain yang jauh dari Anda, misalnya jam dinding. Ulangi beberapa kali.

Ambil pensil dan pegang pensil anda, dengan tangan lurus kedepan, gerakan tangan Anda mendekati hidung, ikuti pergerakannya dengan melihat pensil itu. Ulangi beberapa kali.

Lakukan senam ini setiap hari untuk merasakan manfaatnya.  Selamat mencoba!  (tere/berbagai sumber)