KabariNews – Keberadaan nyamuk sering membuat jengkel karena gigitannya menimbulkan gatal dan bentol. Belum lagi nyamuk juga dapat menyebarkan penyakit menular berbahaya seperti demam berdarah dan malaria. Jangan biarkan rumah Anda tidak nyaman karena keberadaan nyamuk.

Menggunakan obat nyamuk sprai, oles atau elektrik anti nyamuk sangat tidak aman karena kandungan bahan kimia di dalamnya, terlebih jika di rumah ada anak-anak. Lalu bagaimana mengatasinya? Jangan khawatir, Anda bisa mengusir nyamuk dengan cara yang lebih alami dan manusiawi. Manfaatkan bahan alami yang lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Gunakan serai!

Selain digunakan untuk kuliner, serai juga memiliki beragam khasiat. Untuk Anda yang memiliki masalah dengan nyamuk, aroma serai bisa diandalkan untuk mengusirnya.

Serai mengandung senyawa berbentuk padat dan berbau khas. Minyak atsiri yang merupakan produksi serai, terdiri dari berbagai senyawa seperti sitral, sitronela, geraniol, mirsena, nerol, farsenol methyl heptenon dan dipentena. Salah satu senyawa yang dapat membunuh nyamuk adalah sitronela. Sitronela memiliki sifat racun. Kandungan serai ini dapat dimanfaatkan untuk membasmi nyamuk di rumah Anda.

Berikut ada beberapa tips memanfaatkan serai sebagai pengusir nyamuk aman dan mujarab!

Tips 1

Aromaterapi serai

Letakkan daun serai berserta minyak zaitun dalam wadah aromaterapi. Nyalakan lilin yang ada di bawah wadah aromaterapi. Api yang menyala akan membuat wangi daun serai menyebar. Wangi ini tidak disukai nyamuk, sehingga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

Tips 2

lilin seraiMembuat lilin pembasmi nyamuk dengan minyak serai

Bahan-bahan yang perlu disiapkan : toples kaca, sumbu lilin, lem silikon, potongan kayu, penjepit baju, lilin putih, panci rebus, krayon, minyak esensial.

Cara membuatnya : siapkan sumbu lilin, sesuaikan dengan panjang toples (lebihkan sekitar 2-3 cm). Tempelkan dengan lem silikon di ujung tali, jepit tali bagian atas dengan jepitan baju agar sumbu dapat berdiri tegak. Gantungkan jepitan baju dengan potongan kayu yang diletakkan melintang di bibir toples. Serut lilin putih sampai halus, masak dalam panci sampai mencair. Untuk mewarnainya, gunakan krayon. Tambahkan krayon yang sudah dihaluskan ke dalam panci lilin (warna sesuai pilihan Anda). Tambahkan minyak serai (10 tetes) ke dalam panci dan aduk rata. Tuang adonan lilin ke dalam toples. Dinginkan dan tunggu hingga mengeras. Setelah mengeras, gunting sedikit bagian ujung sumbu. Lilin sudah bisa Anda gunakan untuk mengusir nyamuk sekaligus untuk hiasan.

Tips 3

minyak seraiMinyak serai

Ambil 50 batang serai, buang bagian daunnya (sisakan bagian putih). Cuci bersih, lalu geprek dan potong kecil-kecil. Siapkan panci, masukkan 250 ml minyak sayur, tambahkan potongan serai kedalamnya. Jerang di atas api kecil (tutup rapat panci), masak sekitar 1 jam, angkat lalu dinginkan. Setelah dingin, saring untuk memisahkan minyak dengan ampas serai. Minyak yang telah disaring bisa dimasukkan ke dalam botol. Gunakan minyak serai sebagai baluran untuk menghindari nyamuk. Aroma minyak serai sangat harum dan tidak disukai nyamuk. Minyak ini aman untuk kulit anak-anak. Minyak serai ini juga bisa dimanfaatkan untuk obat gosok. Aromanya menyegarkan dan memberi rasa hangat pada tubuh.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79070

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2