Dalam setahun masa tugasnya di Indonesia, Duta Besar Amerika untuk Indonesia Scot Marciel telah mengunjungi sekitar tujuh daerah Indonesia untuk berbagai kegiatan. Daerah itu antara lain Banda Aceh, Manado, Berau, Solo, Bandung, Bogor dan Lampung.

Tiga diantara tujuh daerah itu adalah Aceh, Lampung dan Bogor. September lalu, Scot Marciel dan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meresmikan jalan raya pantai barat Banda Aceh — Calang. Jalan ini memiliki panjang 150 km, melintasi 74 desa, memiliki 27 jembatan utama. Jembatan ini adalah sumbangan dari pemerintah Amerika Serikat yang bersumber dari pembayar pajak Amerika Serikat sebesar US$ 282 juta atau 2,5 T

Sedangkan bulan November lalu, Marciel berkunjung ke Bandar Lampung, Sumatra untuk mempromosikan bisnis dan pendidikan yang merupakan bagian dari Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia.

Dubes Marciel membahas masalah pertumbuhan ekonomi dan peluang investasi di Provinsi Lampung dengan Wakil Gubernur Joko Umar Said. Dubes Marciel mengungkapkan harapannya agar lebih banyak perusahaan AS yang berinvestasi di daerah ini. Amerika Serikat adalah mitra dagang AS terbesar ke-tiga bagi Lampung, Dubes Marciel berharap Amerika Serikat akan menjadi mitra dagang utama bagi Lampung dan Indonesia. Salah satu perusahaan Amerika Serikat di Lampung adalah pabrik makanan laut Phillips Seafood di Bandar Lampung yang memproduksi kepiting dan udang olahan.

Di Universitas Lampung, Dubes Marciel betemu dengan staf pengajar dan mahasiswa. Universitas Lampung selama ini telah bekerja sama dengan dua universitas AS (University of Kentucky dan Auburn University).

Di Bogor pada Oktober lalu, Marciel menandatangani kerjasama di Akademi Sampoerna di Bogor. Kerjasama itu mencakup beasiswa untuk pelajar Indonesia. Amerika Serikat melalui USAID mengalokasikan US$ 5 juta untuk meningkatkan kesempatan pendidikan bagi pelajar Indonesia. Ini adalah kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat, Sampoerna Foundation, UBS AG, dan Raiffeisen Bank International AG.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37664

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :