Berangkat dari sukses film Black Panther, Marvel Studios bergegas melakukan dobrakan besar berikutnya untuk memastikan keberagaman tokoh superhero di Marvel Cinematic Universe. Konon kabarnya, Marvel tengah mempercepat proses persiapan pembuatan film dengan tokoh protagonis seorang superhero Asia untuk pertama kalinya berdasarkan karakter Shang-Chi.

Studio pimpinan Kevin Feige tersebut bahkan telah menunjuk David Callaham, seorang berkebangsaan Amerika dari keturunan Tionghoa, untuk memulai penulisan skenario film tersebut. Dalam tahapan berikutnya, pihaknya disibukkan dengan proses seleksi sutradara keturunan Asia baik dari industri perfilman Asia maupun Hollywood. Perpaduan tersebut diharapkan mampu menyamai tujuan akhir film Black Panther, dalam hal ini untuk memperkenalkan seorang pahlawan kebajikan baru dengan memadukan tema Asia dan budaya Asia di Amerika, yang dibuat oleh sineas asal Asia dan keturunan Asia di Amerika.

Selain memiliki ikatan batin dan budaya dengan komunitas Asia, David juga memiliki rekam jejak yang panjang di Hollywood. Belum lama ini, ia ditunjuk untuk menulis naskah film Wonder Woman 1984 (2020) bersama dengan sutradara Patty Jenkins dan komikus legendaris DC Comics Geoff Johns. Selanjutnya, ia juga akan mempersiapkan skenario sekuel film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse, Godzillla, dan juga Zombieland 2.

Sekilas Tentang Shang-Chi

Sebelumnya, superhero keturunan Tionghoa tersebut tampil perdana dalam komik Marvel edisi khusus karya Steve Englehart dan Jim Starlin pada Desember 1973. Komik tersebut dirilis di tengah meroketnya popularitas global film Enter The Dragon dan bela diri. Dalam komik, Shang-Chi dikisahkan sebagai putra seorang tokoh terpandang bernama Zhang Zu atau yang lebih dikenal dengan nama Fu Manchu. Ia dibesarkan dan dididik di Tiongkok dalam lingkungan yang tertutup dari pengaruh dunia luar. Dalam perjalanannya, Shang-Chi berlatih seni bela diri hingga mampu mengembangkan diri dengan keterampilan yang tak tertandingi. Saat mulai mengenal dan berhubungan dunia luar, ia harus berhadapan dengan kenyataan bahwa sosok ayah yang dihormatinya bukanlah orang baik sebagaimana yang selama ini dikenalnya. Kebohongan tersebut akhirnya membuat mereka menjadi musuh bebuyutan. (Foto: dok.Marvel Comics)