KabariNews – Saat ini memang kesehatan sangat mahal harganya. Kata-kata itu sering sekali terdengar,ya karena seperti yang kita ketahui biaya kesehatan di Indonesia memang sangat mahal. Bahkan ada istilah di kota-kota besar bahwa orang miskin dilarang sakit. Jika jenis pengobatan yang kita gunakan adalah obat-obat modern memang benar biayanya sangat mahal. Namun jika kita menggunakan bahan-bahan alami yang dengan mudah kita dapatkan di sekitar kita maka kita bisa lebih menghemat keuangan kita.

Bawang merah,siapa yang tidak tahu bumbu ini. Hampir setiap hari kita menemuinya ketika sarapan pagi, makan siang sampai makan malam. Tahukah Anda, bawang merah berkhasiat? Tanpa kita sadari sayuran beraroma khas ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan dari bawang merah mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Mungkin Anda pernah mendengar kalau bawang merah ini mempunyai kemampuan untuk memerangi penyakit kanker. Namun bukan hanya penyakit kanker saja, bawang merah merupakan sumber antioksidan yang sangat manjur untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh kita.

Bawang merah yang kita kenal adalah jenis sayuran yang sering diolah untuk bumbu berbagai macam masakan. Memang benar hampir pada setiap jenis masakan bawang merah ini tidak akan tertinggal didalamnya. Bahkan bukan jenis masakan Asia Tenggara saja yang suka mencampurkan bawang merah dalam masakannya. Beragam jenis masakan di dunia sangat suka mengolah masakannya dengan menambahkan bawang merah. Bagian bawang merah yang sering dimanfaatkan adalah umbinya, namun banyak juga yang mengolah masakan dengan mencampurkan daun bawang merah serta tangkai bunganya.

Selain sebagai bumbu wajib masakan, bawang merah juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit berbahaya dalam tubuh kita. Padatnya nutrisi dan rendahnya kalori yang terkandung dalam bawang merah ini sangat bagus bagi kesehatan kita. Namun walaupun bawang merah ini sangat manjur bagi kesehatan, ternyata ada resikonya juga jika memakan bawang merah mentah berlebihan. Walaupun penyakit yang disebabkan mengkonsumsi bawang merah tidak serius, bawang merah dapat menyebabkan gas dan kembung. Kemudian bisa menyebabkan dan memperburuk rasa mulas pada penderita sakit maag kronis.

Pada zaman dahulu, anak-anak di bawah usia lima tahun mudah sekali terserang flu, namun karena pengobatan belum begitu canggih seperti sekarang maka pengobatan alternatif adalah solusinya. Seperti menggunakan bawang merah yang dicampurkan dengan asam jawa dan minyak kayu putih lalu dibalurkan pada perut, dahi, atau kening anak. Suhu badan yang tinggi saat flu, perlahan akan turun setelah menggunakan ramuan tersebut. Meski memakan waktu dua hingga tiga hari namun pengobatan ini terbukti ampuh menurunkan panas pada anak-anak.

Bawang merah sudah menjadi salah satu tanaman keluarga, hal ini terbukti dengan kemampuan bawang merah menghangatkan tubuh bayi dan anak kecil. Sementara kandungan Senyawa sulfur dan quercetin yang terdapat dalam bawang merah berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh. Senyawa sulfur dan quercetin ini banyak terkandung dalam minyak esensial atau minyak atsiri yang bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Sementara berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli farmasi, kandungan senyawa sulfur menunjukkan kemampuan mengatasi gangguan dalam saluran pernafasan. Sehingga mampu melegakan dan mencairkan dahak bagi seseorang yang terserang flu disertai batuk. Tidak hanya itu, senyawa yang terdapat dalam bawang merah juga dapat menambah daya tahan dan meningkatkan energi positif dalam tubuh.

Jadi apa salahnya Anda mencoba pengobatan sederhana ini untuk diri Anda dan keluarga terdekat. Sangat sederhana dan mungkin akan membantu mengurangi pengeluaran dana.