lemari esLemari es sudah jadi kebutuhan penting di setiap keluarga. Maka tak heran jika  saat ini hampir semua rumah memilikinya. Fungsi lemari es tak hanya sebagai lemari pendingin, tapi juga lemari penyimpan bahan makanan agar lebih tahan lama.

Sudahkah Anda hemat energi hari ini?

Tanpa disadari, banyak orang merasa sudah menggunakan lemari es dengan benar, padahal masih kurang tepat. Karena hampir tak pernah mati (24 jam penuh), lemari es menyedot pasokan energi listrik yang cukup besar, itu juga jadi alasan kenapa tarif listrik di rumah terus naik.

Bagaimana cara mengatasi agar pengeluaran tidak terlalu besar? Berikut ada beberapa trik penggunaan lemari es agar hemat energi :

1. Hindari menempatkan lemari es di tempat yang langsung terkena sinar matahari atau barang yang mengeluarkan panas seperti oven listrik atau kompor. Atur jarak antara lemari es dengan dinding sekitar 15 cm sebagai sirkulasi panas yang keluar dari lemari es.

2. Jangan terlalu sering membuka pintu lemari es atau misalnya dengan sengaja membuka pintu untuk mengambil sayuran atau bahan makanan lain. Terlalu lama membuka pintu lemari es akan membuat tarikan daya/ energi lebih tinggi.

3. Atur suhu lemari es pada angka 2-4 derajat celcius saja. Karena semakin tinggi suhu lemari maka kompresor secara otomatis akan menyedot arus energi listrik lebih besar.

4. Hindari memasukkan bahan makanan dalam keadaan panas. Pasalnya makanan yang masih panas akan meningkatkan suhu di dalam lemari es dan akan membuat lemari es mengunakan energi yang lebih banyak. Dengan begitu daya yang dibutuhkan lebih besar.

5. Bersihkan lemari es secara rutin. Bersihkan setiap bagian dan cek jika ada kerusakan. Kerusakan pada seal dapat membuat lemari es jadi kurang dingin. Alhasil bahan makanan dalam lemari es cepat basi dan rusak.

6. Isilah lemari es sesuai daya tampungnya. Memasukan barang yang melebihi kapasitas lemari es akan membuat lemari es bekerja lebih keras dan apada akhirnya akan menyedot energi yang lebih banyak.

7. Hindari lemari es dalam keadaan kosong. Lemari es yang kosong pada dasarnya tetap membutuhkan energi untuk tetap menjaga suhu sesuai settingnya. Oleh karena itu, jangan sampai lemari es kosong. Isilah lemari es sesuai kapasitasnya.

Semoga tips-tips  diatas membantu Anda untuk bisa hemat energi. Hemat energi berarti menghemat pengeluaran.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?61646

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Tip Top