Di tengah ekspansi besar-besarannya, pihak Marvel Studios mendapuk talenta-talenta keturunan Asia untuk ikut membangun Marvel Cinematic Universe (MCU) dalam fase pengembangan yang ke-4. Adapun fase tersebut akan menghasilkan sekumpulan serial televisi dan film layar lebar produksi Marvel Studios yang akan dirilis antara tahun 2020-2021. Langkah tersebut menunjukkan keseriusan studio film pimpinan Kevin Feige dalam merespons arus perubahan di industri perfilman Hollywood yang kini mengedepankan unsur keberagaman. Berikut beberapa film dalam jejaring MCU yang secara intensif melibatkan talenta-talenta keturunan Asia dalam proses pembuatannya:

• Shang-Chi (2021)

Shang-Chi merupakan film pertama produksi Marvel Studios yang menampilkan tokoh protagonis seorang superhero dari keturunan Asia. Tidak berhenti pada judulnya, pihak Marvel Studios telah menunjuk talenta keturunan Asia, seperti Destin Daniel Cretton sebagai sutradara, David Callaham sebagai penulis skenario, Simu Liu sebagai pemeran utama Shang-Chi, Tony Leung sebagai pemeran Mandarin, dan masih banyak lagi. Aktris Awkwafina yang naik daun sejak berperan sebagai Goh Peik Lin dalam film Crazy Rich Asians juga konon telah direkrut untuk sebuah peran.

Dalam komik Marvel edisi khusus karya Steve Englehart dan Jim Starlin edisi Desember 1973, Shang-Chi dikisahkan sebagai putra seorang tokoh terpandang bernama Zhang Zu (juga dikenal dengan nama Fu Manchu). Ia dibesarkan dan dididik di Tiongkok dalam lingkungan yang tertutup dari pengaruh dunia luar. Dalam perjalanannya, ia berlatih seni bela diri hingga dan mengembangkan diri dengan kemampuan yang tak tertandingi. Saat mulai mengenal dan berhubungan dengan dunia luar, ia berhadapan dengan kenyataan bahwa sosok ayah yang dihormatinya bukanlah orang baik sebagaimana yang selama ini dikenalnya. Kebohongan tersebut akhirnya membuat mereka menjadi musuh bebuyutan.

• The Eternals (2020)

Untuk merealisasikan film tersebut, Marvel Studios juga merekrut banyak sineas keturunan Asia. Salah satunya adalah Chloe Zhang, yang belum lama ini menyutradarai film independen The Rider yang banyak menuai pujian di sirkuit festival-festival film internasional, ditunjuk oleh Kevin Feige sebagai sutradara. Sementara itu, Kumail Nanjiani, Don Lee, dan Gemma Chan masing-masing didapuk untuk berperan sebagai anggota The Eternals yang bernama Kingo, Gilgamesh, dan Sersi.

The Eternals muncul perdana dalam komik Marvel ciptaan Jack Kirby keluaran tahun 1976. Berdasar komik tersebut, film ini akan mengisahkan tentang makhluk kosmis yang bernama Celestial yang sedang bereksperimen untuk menciptakan ras penjahat bernama Deviants dan ras yang bersifat kekal abadi bernama The Eternals. Keduanya akan bertempur satu sama lain untuk mengklaim sebagai ras yang paling dominan. Tak hanya pertempuran, dalam kisahnya The Eternals juga menceritakan kisah cinta antara Ikaris dan Sersi. Karakter Celestial telah diperkenalkan dalam The Guardians of The Galaxy Volume 2 (2017) bersama Ego, ayah dari Peter Quill. Film ini juga mendapuk bintang-bintang Hollywood kenamaan lainnya, seperti Angelina Jolie, Richard Madden, dan Kit Harington. (Foto Cover: Simu Liu dipilih Marvel Studios untuk memerankan karakter Shang Chi)