KabariNews – Banyak sekali jenis soto di Indonesia, ada soto Madura, soto Banjar, soto Lamongan, soto Betawi, soto Kudus, dan masih banyak lagi. Masakan berempah ini memang pas jika dijadikan makanan favorit.

Ternyata soto tidak hanya cocok untuk lidah orang Indonesia saja, masyarakat dunia pun harusnya mengakui kelezatan masakan berkuah segar ini. Meski tidak setenar rendang Padang, Soto juga bisa masuk dalam sajian masakan nusantara dan bisa lolos sebagai masakan enak di dunia.

Dilansir laman Okezone (4/7), soto bisa masuk jajaran makanan terbaik dunia. Hal itu disampaikan pakar boga Sisca Soewitomo. Selain mudah dalam membuatnya, penyajian masakan soto pun cukup sederhana.

Rasa soto yang khas dan aroma kaldu yang kuat manjadi alasan kuat soto pantas dijadikan makanan terbaik di dunia. “Semua orang pasti suka soto, apalagi aroma kaldu ayamnya yang kuat. Kuahnya enak disantap saat cuaca
dingin maupun panas,” ujar Sisca.

Sisca berharap soto punya kesempatan yang sama seperti rendang yang lebih dulu masuk sebagai 50 makanan terenak di dunia. Sisca menjelaskan, masakan berkuah sedap ini tidak hanya beragam jenisnya, tapi cara
penyajiannya pun beragam. Sebagai langkah pasti untuk menaikan nama soto pada kuliner dunia, Sisca mengajak pemerintah untuk lebih mempromosikan masakan soto ke mata dunia.