KabariNews – Ketika galau, kacau, patah hati karena putus ketika pikiran kacau, itu semua tidak harus diselesaikan dengan obat pereda stres. Apa solusinya? Cobalah menghilangkan stres secara alami dengan berbagai jenis makanan pereda tekanan batin.

Makanan-makan berikut akan mendatangkan suasana hati yang nyaman dan tenang dalam menghadapi berbagai problem. Berikut contoh-contohnya:

– Santaplah makanan yang kaya vitamin B12 dan asam folat

Menurut Edward Reynolds, MD dari Institute of Epileptology, King’s College, London, vitamin B12 dan folat berguna untuk mencegah gangguan pada sistem saraf pusat, gangguan mood , dan demensia. Biasanya ditemukan pada kacang-kacangan dan sayuran. Sedangkan vitamin B12 banyak terdapat pada ikan, unggas, daging, dan susu.

– Banyak mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayuran “sepaket” dengan banyak nutrisi penting dan fitokimia antioksidan, yang berkontribusi langsung terhadap kesehatan, dan kesehatan berkaitan erat dengan kualitas hidup. Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi dua porsi atau lebih buah dan sayur dalam sehari dapat meningkatkan kesehatan sebesar 11 persen.

– Makanlah makanan yang kaya selenium

Selenium merupakan mineral yang bekerja seperti antioksidan bagi tubuh. Selenium inilah yang secara signifikan menurunkan tingkat depresi.

Biji-bijian utuh merupakan sumber terbaik selenium. Sumber selenium lain adalah oatmeal, roti gandum, dan beras merah. Juga susu rendah lemak, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, ikan, kepiting, tiram, dan sarden.

– Konsumsilah ikan beberapa kali seminggu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang berisiko terkena depresi yang lebih rendah bila banyak mengonsumsi ikan, terutama yang mengandung lemak omega 3. Menurut Jay Whelan, PhD, dekan Department of Nutrition dari University of Tennessee, omega 3 diduga memiliki efek positif dalam menaikkan mood , termasuk mengurangi depresi setelah melahirkan. Selain pada salmon, omega 3 juga banyak terdapat pada sarden dan tuna.

– Konsumsi vitamin D setiap hari

Pamela K. Murphy, PhD, peneliti dari Medical University of South Carolina mengatakan, kita bisa memiliki mood yang baik bila mengonsumsi 1000-2000 IU vitamin D setiap hari. Vitamin D banyak terdapat di hati sapi, tuna, salmon, keju, dan kuning telur dan paparan sinar matahari atau suplemen.

– Makan cokelat 

Sedikit dark chocolate bisa menaikkan hormon endorfin di otak, yang pada akhirnya membuat seseorang merasa bahagia. Penelitian di Belanda menyebutkan, pria di sana yang mengonsumsi sepertiga batang cokelat setiap hari memiliki kadar tekanan darah dan penyakit jantung yang lebih rendah.