gempa Aceh (foto : bnpb.go.id)Gempa yang terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam (2/7) cukup memprihatinkan. Dari catatan Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 40 orang tewas, 63 luka berat, sekitar 2.362 orang luka ringan. Sementara 15.919 rumah rusak, diantaranya ada 623 gedung dan fasilitas umum rusak. Saat ini pengungsi mencapai 22.152 orang karena kehilangan tempat tinggal.

Keprihatinan ini tidak hanya dirasakan rakyat Indonesia, sebagai negara sahabat Amerika Serikat juga menyatakan kepeduliannya. Melalui Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, Pemerintah Amerika memberikan bantuan kemanusiaan sebesar 100.000 dolar AS atau setara Rp 995 juta.

Dubes Scot mengatakan, bantuan ini akan diberikan melalui Kantor Bantuan Bencana Luar Negeri AS (Office of U.S Foreign Disaster Assistance) yang berada di bawah naungan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID). Sementara itu pihaknya juga melakukan koordinasi dengan satuan tanggap darurat pemerintah Indonesia di tingkat provinsi untuk menyalurkan kebutuhan mendesak yang dibutuhkan para korban bencana.

Scot Marciel“Kami menyampaikan rasa simpati mendalam kepada para korbam gempa bumi yang melanda Bener Meriah dan Aceh Tengah” ujar Scot.

Keprihatinan ini mengingatkan Scot pada bencana angin tornado yang menerjang negara bagian Oklahoma, AS pada tahun lalu. Banyak doa dan ungkapan belasungkawa dari rakyat Aceh. “Saya merasa sangat tersentuh ketika para warga Aceh menyampaikan belasungkawa mereka atas bencana tornado yang baru-baru ini terjadi di AS. Dengan semangat persahabatan, kami mengulurkan bantuan di saat yang penuh cobaan seperti saat ini” ungkapnya.

Bantuan tidak hanya datang dari pemerintah AS, Scot menjelaskan, perusahaan-perusahaan AS yang berbasis di Indonesia seperti Kamar Dagang dan Industri Amerika Serikat (AmChAM) juga turut membantu dan berkoordinasi sebagai upaya tanggap bencana.  “Pemerintah Amerika Serikat senantiasa bekerjasama dengan erat dengan Indonesia untuk mempersiapkan diri dalam tanggap bencana alam,” tuturnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?57002

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan