KabariNews – “Surat Dari Praha” sebuah film yang menyuguhkan kisah romantis yang dikombinasikan dengan musik serta sejarah.

Film Surat Dari Praha terinspirasi dari kehidupan para pelajar Indonesia di Praha yang tidak bisa kembali akibat perubahan situasi politik dalam negeri tahun 1965.

Laras (Julie Estelle) yang terpaksa menghantarkan sebuah kotak dan sepucuk surat milik Sulastri (Widyawati) ibu Laras, untuk Jaya (Tyo Pakusadewo) kekasih Sulastri, seorang mahasiswa ikatan dinas (MAHID) yang kehilangan kewarganegaraannya karena menolak Orde Baru.

Film ini mengemas nilai sejarah yang tidak terlalu berat, sehingga mengajak anak muda mau nonton, dibalut dengan kisah cinta pada tahun ‘65, serta kombinasi musik Glenn Fredly yang romantis.

Mengajak penonton menelusuri sejarah yang sudah jarang diperbincangkan, cerita sekelompok orang yang menjadi imbas sejarah peristiwa 1965, terjadi perubahan peta politik di Indonesia dengan pergantian Orde Lama ke Orde Baru. Perubahan ini menimbulkan masalah bagi mereka yang menjadi mahasiswa ikatan dinas (MAHID) utusan pemerintahan Soekarno di luar negeri, di kota Praha, Republik Ceko. Sebagian dari mereka menolak pemerintah Orde Baru, yang berakibat pada status mereka menjadi hilang kewarganegaraan, keberadaan dan cerita mereka nyaris tidak terdengar di tanah air. (1011)