KabariNews – Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini meningkat. Badan Pusat Statistik mencatat kuartal kedua tahun ini tumbuh 5,18% dibanding tahun lalu. Hasil ini lebih baik disbanding pertumbuhan kuartal pertama tahun ini sebesar 4,92%.

Ekonom Dr Aviliani mengatakan pertumbuhan ekonomi tahun 2016 jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. “Tahun ini sebenarnya sudah jauh lebih baik dari tahun 2015, diharapkan 2017 sudah lebih baik dan 2018 paling nggak sudah lebih meningkat. Tahun ini 5,1 dan tahun depan masih 5,1 juga kalau kita mau naik terlalu tinggi nanti devisit kita terlalu tinggi dan yang kedua uangnya nggak ada kan. Kita bicara pertumbuhan itu kita harus berbicara tentang sumber dana yang dikembangkan. Dengan 5,1 aja udah nomor 3 di dunia,” tutur Aviliani kepada KabariNews di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2016).

Avilani menyebut laju pertumbuhan ekonomi di tahun mendatang masih akan sama dengan tahun 2016. “Tahun depan tidak beda dengan tahun 2016 sebenarnya yah, sektor-sektor yang berkembang juga tidak berbeda. Memang sektor pertanian dan pertambangan yang masih belum bisa bertumbuh secara baik tapi sektor lain sih so far bagus seperti infrastruktur dan consumer good masih bagus karena daya beli masyarakat Indonesia 50 juta orang itu masih bagus,” katanya. (Maria/foto: Maria)