Pelajaran membatik akan masuk dalam kurikulum sekolah-sekolah dasar dan menengah umum di Chicago Public School, Illinois, Amerika Serikat, tahun ini.

Tidak hanya di sekolah-sekolah, pelajaran membatik juga akan diberikan kepada masyarakat umum Chicago Park District and Community Center. November lalu KJRI Chicago telah memberikan pelatihan bagi guru-guru seni sekolah umum.

Pelatihan membatik itu telah diikuti oleh 80 peserta yang terdiri atas guru-guru seni di sekolah-sekolah dasar dan menengah (Grade 1-9) Chicago. Setelah menjalani pelatihan, para guru akan mengajarkan cara membatik dan membuat batik perca kepada murid-murid mereka –yang berusia 5-15 tahun– sebagai bagian dari kurikulum pelajaran kesenian yang dikaitkan dengan misi perdamaian.

Sebelumnya, Karawitan

Sebelumnya, seni karawitan juga masuk di kurikulum beberapa sekolah seni di Amerika Serikat. Presiden Sumunar Indonesia Music dan Dance, Linda James mengatakan sampai sekarang ini sudah ada 15 ribu lebih orang Amerika Serikat yang mempelajari gamelan dan tari asal Indonesia. Kini sudah adalebih dari 15 set gamelan lengkap yang mereka gunakan untuk latihan.

Sumunar Indonesia Music dan Dance merupakan sebuah organisasi seni pertunjukan yang berbasis di Minnesota, Amerika Serikat. Organisasi ini mempunyai misi untuk mempromosikan pengetahuan dan apresiasi musik, tari dan budaya Indonesia melalui pertunjukan dan pembelajaran.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37777

Untuk melihat artikel Amerika / Education lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :