KabariNews – Bukalapak Kopdar Akbar  berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin, (28/11). Ahmad Zabadi, SH, MH, Direksi Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia hadir dalam ajang tersebut.

Dalam ajang tersebut, Ahmad memberikan dorongan kepada pelaku UKM agar dapat memanfaatkan platform digital yang kini sedang marak sebagai online marketplace.

“UKM Indonesia adalah tulang punggung bagi perekonomian Indonesia. Usaha pemerintah untuk Indonesia Negara Digital se-ASEAN pada tahun 2020 harus didukung UKM Indonesia. Namun secara berharap para UKM di Indonesia harus dapat terus semangat untuk mengembangkan pemasarannya dengan lebih kreatif. Para UKM ini bisa memanfaatkan platform digital seperti online marketplace di Indonesia sebagai salah satu wadah untuk pengembangan pemasaran,” ujar Ahmad Zabadi.

Saat ini, UKM digital di Indonesia belum mencapai target yang maksimal dan masih banyak pelaku-pelaku bisnis UKM yang belum memanfaatkan platform digital ataupun melek digital. Banyak UKM di Indonesia yang masih harus dibimbing dan diberi edukasi untuk menghadapi berbagai tantangan seperti peningkatan kapasitas, akses modal dan pendanaan alternatif dan juga akses teknologi. Pemerintah harus terus berupaya untuk memberi dukungan secara berkelanjutan bagi para UKM di Indonesia agar misi untuk menjadikan Indonesia negara ekonomi digital se-Asia Tenggara pada tahun 2020 dapat terwujud. (Asban/Foto : Asban)