Memperingati hari jadi ke-35 tahun, Teater Koma menggelar sebuah pentas berlakon “Sie Jin Kwie 3: Sie Jin Kwie di Negeri Sihir”. Pementasan ke-126 ini akan berlangsung dari tanggal 1 – 31 Maret 2012 pukul 19.30 setiap hari kecuali hari Senin, di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.

Cerita Sie Jin Kwie merupakan lanjutan dari karya Sie Jin Kwie (2010), Sie Jin Kwie 2: Kena Fitnah (2011). Selain itu, Nano Riantiarno menyadur roman karya Tiokengjian dan Lokoanchung itu sekaligus bertindak sebagai sutradara dan dibantu oleh Ohan Adiputra sebagai co-sutradara.

“35 tahun sungguh merupakan perjalanan yang luar biasa. Kami dapat berkarya hingga pementasan ke-126 juga bukan hal yang mudah dan biasa,” kata Nano Riantiarno selaku sutradara, pemain sekaligus pendiri Teater Koma saat Press Conference dan Syukuran Teater Koma di FX Plaza, Jakarta, Rabu (22/2).

Nano mengatakan salah satu hal yang menarik dalam pementasan Sie Jin Kwie di Negeri Sihir kali ini adalah dihadirkannya motif batik peranakan karya Rima Ananda dan suaminya Subarkah Hadisarjana dalam lebih dari 300 busana dan kostum para pemeran.

“Ide tersebut terinspirasi dari dalang wayang kulit China-Jawa, Gan Thwan Sing (1885-1966) yang telah menciptakan lebih dari 900 sosok wayang berwujud ksatria Cina yang berbusana batik Jawa,” kata dia.
Untuk mendapatkan gambaran mengenai konsep kostum tersebut, Nano Riantiarno dan tim, berkeliling selama dua minggu ke Trusmi, Cirebon, Rembang, Semarang dan Solo. “Selama dua minggu itu, saya mempelajari mengapa motif naga Lasem dan burung Hong dari Trusmi bisa berbeda dari yang ada di China, hal itu penting untuk dekorasi dan kostum,” kata dia.

Tiket pementasan Sie Jin Kwie 3: di Negeri Sihir, akan dijual dengan harga Rp 50rb – Rp 150rb untuk Minggu, Senin – Kamis dan weekend Jumat – Sabtu adalah Rp 75rb – Rp 200rb.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?37900

Untuk melihat artikel Seni lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :