Berlaga di Piala Dunia merupakan impian banyak pemain dan pecinta sepak bola, tak terkecuali bagi seorang mantan sutradara film asal Islandia yang bernama Thor Halldorsson.

Foto: dok. Sharpnewsgh

Perjalanan karir Thor dalam kancah sepak bola profesional tak begitu mulus. Pada usia 20 tahun, ia pernah merasakan frustrasi dalam bermain sepak bola. Bahkan, pria bernama lengkap Hannes Thor Halldorsson ini sempat memiliki keinginan untuk mengakhiri kisahnya sebagai pemain sepak bola lantaran tidak ada klub profesional yang tertarik untuk merekrutnya. Alhasil, Thor sempat meniti karir sebagai sutradara film selama sembilan tahun. Salah satu karya terbaiknya di dunia hiburan adalah video iklan Coca Cola untuk ajang Piala Dunia 2018.

Semangatnya yang gigih membuat Thor kembali ke dunia sepak bola. Penjaga gawang kelahiran 27 April 1984 ini memulai debutnya bersama Timnas Islandia pada September 2011. Ia memulai kiprahnya sebagai kiper Islandia pada pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa 2012 menghadapi Siprus.

Tahun ini, perjalanan Thor sebagai pesepakbola mencapai puncaknya saat namanya terpilih di antara 23 pemain yang dikirim oleh Timnas Islandia untuk berlaga di Piala Dunia 2018. Penampilannya saat Islandia melawan Argentina di Grup D Piala Dunia 2018 menjadi buah bibir di antara khalayak ramai. Kiper berusia 34 tahun ini pun terpilih menjadi pemain terbaik dalam pertandingan yang berakhir imbang 1-1 itu. Thor melakukan penyelamatan sebanyak enam kali dalam pertandingan yang dihelat di Spartak Stadium itu, salah satunya saat menangkis tendangan penalti yang dieksekusi oleh Lionel Messi.