DI Amerika Serikat (AS) liburan musim panas telah usai dan September adalah bulan ketika anak-anak usia TK sampai SMA kembali bertemu dengan teman-teman sekolah dan mengerjakan pelajaran sekolah. Setelah lamanya berlibur -kurang lebih sekitar tiga bulan- sudah pasti kebanyakan anak-anak usia sekolah mengalami berbagai macam perubahan dan penyesuaian. Contohnya seperti kenaikan kelas, pindah ke sekolah baru, atau melakukan aktivitas usai sekolah yang berbeda. Tentu saja bukan hanya anak-anak yang mengalami dilema akan perubahan-perubahan seperti ini. Orangtua juga sudah pasti ikut pusing memikirkannya. Nah, di bawah ini adalah berbagai macam tips bagi orangtua untuk lebih berorganisasi dan siap untuk menangani tantangan kembali ke sekolah buat anak-anak.

Hindari Kegelisahan

Kebanyakan orangtua yang memiliki anak balita dan baru mendaftarkan anaknya di kindergarten atau TK, mengalami kegelisahan di hari pertama, karena belum terbiasa berpisah dengan sang anak. Begitu juga dengan sang anak, mereka merasa bingung dan sedih harus berpisah dengan orangtua di lingkungan yang baru dan asing. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengajari anak untuk belajar persiapan akademis usia TK, dan juga mendukung anak secara emosi seperti cara bersosialisasi. Anda bisa mempelajari dan mencoba tips-tips di bawah ini yang direkomendasikan oleh Nikki Salvatico, seorang guru di General Wayne Elementary School Pennsylvania yang pernah dinobatkan sebagai Guru Terbaik AS tahun 2005:

Kunjungi Situs Sekolah untuk Informasi

Di sini anda bisa melihat dengan sang anak sambil berbagai cerita mengenai foto-foto dan aktivitas-aktivitas menarik bersama-sama.

Kunjungi Lokasi Sekolah di Musim Panas

Melakukan tur ke sekolah berulang kali sebelum hari pertama sangat dianjurkan. Dari sini orangtua bisa membantu sang anak untuk lebih familier dengan tempat dan lokasi seperti perpustakaan, ruang kelas, kantin, dan klinik kesehatan.

Tentukan Waktu Bermain di Lapangan Permainan Sekolah

Anda bisa melakukan ini dengan beberapa anak murid lainnya saat memasuki program TK. Dari sini anda bisa mengajar anak anda cara bermain bersama dan juga agar mereka lebih akrab dengan lingkungan baru.

Ciptakan Sebuah Rutinitas di Rumah

Dengan cara ini anda bisa membuat sang anak terbiasa dengan mengikuti petunjuk. Contohnya seperti selalu beritahu anak anda bahwa setiap hari pulang sekolah atau pulang dari kursus, mereka harus mengganti baju, menggantung tasnya, menaruh sepatu di lemari, dan lain-lain.

Didik sang Anak untuk Bertanggung Jawab

Anda bisa mengajarkan anak anda untuk bertanggung jawab dari usia dini dengan berbagai cara, seperti menugaskan mereka untuk memberi makan binatang peliharaan dirumah, membereskan tempat tidur dan mainan, atau menaruh baju-baju kotor di keranjang. Melalui trik-trik seperti ini sang anak bisa membawa kebiasaan baik ini ke sekolah, yang akhirnya bisa membuat mereka untuk merasa puas dan nyaman.

Temui Guru-Guru Sebelum Sekolah Mulai

Anda bisa menemani anak anda di ruang kelas untuk memperkenalkan mereka kepada guru-guru dan murid-murid supaya mereka hapal dengan komunitas baru.

Bersosialisasi dan Adakan Pertemuan dengan para Orangtua dan Murid Lainnya

Undang teman-teman sekolah anda beserta orangtua mereka untuk acara-acara tertentu seperti ulang tahun, arisan, atau pergi ke taman wisata.

Foto Lingkungan dan Komunitas Sekolah

Jika anda sedang mengunjungi lokasi sekolah, jangan lupa ambil foto tempat-tempat seperti ruang kelas, kantin, lapangan main, kantor administrasi, klinik, bahkan sang guru. Sampai di rumah, taruh label dan nama di foto-foto tersebut agar anak anda bisa mengingat, terutama jika anak anda mengalami kegelisahan hari pertama.

Ceritakan Pengalaman Kegelisahan Murid Lain

Dengan berbagi cerita mengenai pengalaman kegelisahan anak lain, anda akan mengurasi rasa ketakutan sang anak untuk menghadapi hari-hari sekolah yang akan datang.

Tentukan Rutinitas Cara Berpisah yang Baik

Dengan sebuah pelukan, cium pipi, dan ucapkan sampai bertemu kembali di setiap perpisahan akan mengingatkan anak anda bahwa akan bertemu lagi dengan orang tua.

Penyesuaian di Sekolah Baru

Jika anak anda memasuki periode kenaikan kelas atau bahkan pindah ke sekolah baru, tentu saja di minggu-minggu pertama kemungkinan besar anak anda mengalami kegelisahan. Tips-tips yang diolah oleh para staf GreatSchools.net di bawah ini sangat disarankan untuk mengurangi kegugupan dan melancarkan perjalanan anak anda memasuki sekolah dan lingkungan baru.

Kerjasama dengan Anak Anda

Jika anda memiliki beberapa pilihan sekolah, diskusi dengan anak anda tentang kurikulum dan aktitivitas yang ditawarkan di tiap sekolah tersebut. Terutama dalam hal memilih subjek pelajaran, pastikan anak anda ikut dalam proses ini.

Fokus Hal-hal yang Positif

Sebelum hari pertama mulai, bicara tentang kekhawatirannya, dan tanya apa yang anak anda ingin raih dan harapan lainnya dari sekolah baru. Selalu yakinkan anak anda bahwa perasaan seperti ini juga dialami oleh anak-anak yang lain. Jangan lupa beri semangat dengan memberitahu bahwa ia akan memiliki teman dan pelajaran yang baru, dan itu adalah suatu pengalaman yang baik.

Beri Motivasi untuk Aktif di Kegiatan Sekolah

Sarankan anak anda untuk berpartisipasi di beberapa kegiatan olahraga, seni, sosial, atau rohani sekolah yang ia tertarik. Melalui cara ini, berkemungkinan besar anak anda akan tetap aktif dengan pelajaran kelas.

Rutinitas Bangun Pagi

Usai liburan, kebanyakan anak masih bermalasan untuk bangun pagi. Penting sekali bagi orangtua untuk mendidik kembali anak anda untuk bangun pagi dua atau tiga minggu sebelum hari pertama.

Praktik Berjalan di Lingkungan Baru

Jika keluarga anda pindah kota dan tinggal di kawasan baru, penting sekali anda mengajak anak untuk melihat tempat-tempat dekat rumah seperti kediaman tetangga, halte bus, taman, atau tempat-tempat lainnya.

Siapkan Alat-alat Sekolah di Jauh Hari

Buku, alat tulis, seragam, dan barang sekolah lainnya lebih baik dipersiapkan beberapa minggu sebelumnya, dan catat jika ada sesuatu yang lain yang perlu dibeli sebelum sekolah mulai.

Persiapkan di Malam Sebelumnya

Supaya tidak terburu-buru di pagi hari sebelum mengantar anak berangkat sekolah, siapkan makan siang, seragam, dan buku-buku di malam sebelumnya. Turunkan kebiasaan baik ini kepada anak anda.

Rutinitas Makan Pagi

Didik anak anda untuk makan pagi sebelum sekolah, dan ajarkan kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, hindari junk food sesering mungkin.

Selalu Temani Anak Anda

Jika anak anda naik bis atau memakai pelayanan antar-jemput sekolah, selalu antar mereka sampai berada di kendaraan tersebut.

Perkenalkan Diri Anda

Kebanyakan anak, khususnya usia Sekolah Dasar, seringkali merasa malu untuk bertemu dengan guru barunya. Ada baiknya jika anda menemani sang anak ke sekolah di hari pertama untuk bertemu gurunya dan perkenalkan diri anda, dan diskusi tentang ketertarikan dan tantangan anak anda sebagai murid.

Membaca buku dan berbagi cerita tentang sekolah adalah hal yang sangat penting untuk membina hubungan anda dengan anak, juga melatih keterampilan baca anak anda. Jika tertarik, anda bisa membaca buku-buku di bawah ini tentang anak-anak khususnya usia sekolah dasar:
The Berenstain Bears Go to School, oleh Stan dan Jan Berenstain, Random House, 1978
Arthur’s Teacher Trouble, oleh Marc Brown, Trumpet, 1986
The Day Teacher Went Bananas, oleh James Howe, Penguin, 1987
Curious George Goes to School, oleh Margaret Rey, Houghton Mifflin, 1989 (Inna)