Resesi dunia benar-benar terjadi. Harga minyak mentah melambung tinggi. Harga  kebutuhan pokok merangkak naik. Sementara pemasukan segitu-gitu saja. Pemasukan tetap pengeluaran bertambah. Wah repot nih kalau tidak segera mengeluarkan jurus penghematan. Bagaimana sih  cara mudah menghemat uang atau menekan pengeluaran? Ini dia kami punya trik dan tipsnya.

Administrasi keuangan

1. Buatlah anggaran tetap yang konsisten setiap awal bulan, terutama setelah menerima gaji Anda. Catat segala pengeluaran utama seperti biaya listrik, telepon, sewa rumah, bayar sekolah anak-anak, dan uang belanja

2 . Patuhi catatan anggaran tersebut.

3. Kumpulkan semua struk pembayaran, baik pembayaran telepon, listrik bahkan struk belanja sayur mayur di supermarket. Dengan mengumpulkan struk pembayaran, Anda terbiasa teliti atas barang-barang yang dibeli barangkali ada yang kurang atau lebih. Selain itu, struk belanja tersebut bisa dijadikan bahan estimasi harga-harga dipasaran yang barangkali anda butuhkan kelak.

Praktek penghematan

1. Jika Anda kepasar atau supermarket siapkan catatan barang yang akan dibeli dan bawalah uang secukupnya. Ini untuk menghindari godaan membeli barang-barang yang tidak perlu.

2. Jangan terbujuk diskon atau potongan harga untuk barang yang tidak Anda perlukan. Sebaliknya jika barang yang didiskon termasuk dalam daftar belanjaan Anda, maka jangan sia-siakan kesempatan.

3. Jika Anda memasak sendiri, buatlah masakan dengan harga yang terjangkau. Sesekali boleh saja masak makanan mewah seperti steak atau daging-dagingan. Tetapi bijaklahdengan cara memvariasikan makanan tanpa perlu banyak keluar uang.

4. Jika Anda membutuhkan sesuatu yang bukan untuk dimakan seperti lampu belajar atau lainnya, sebelum memutuskan membeli yang baru,  cobalah cari info yang bisa dibeli secara bekas. Biasa garage sale sering menawarkan barang-barang seperti itu.Yang penting masih berfungsi.

5. Keluarga Anda tentu butuh liburan dan hiburan,jika Anda berkecukupun tentu bisa saja mengajak keluarga liburan setiap bulan.Tapi meski anda mampu melakukan itu, akan lebih baik jadwal liburan Anda mulai diatur dari sekarang dan dikurangi. Setahun dua kali saja misalnya. Saat liburan sekolah dan liburan akhir tahun.

6.  Jika anda bisa meminjam VCD atau DVD film kesayangan Anda dari teman Anda tentu lebih baik ketimbang Anda menghabiskan uang untuk menonton di Bioskop

7. Sediakan kotak tabungan, masukan receh demi receh sisa kembalian ke kotak tabungan itu.

8. Buatlah dua rekening tabungan. Satu rekening tanpa kartu ATM dan setiap bulan harus konsisten diisi dari rekening satunya lagi tempat anda memarkir pemasukan bulanan Anda. (disarikan dari berbagi sumber/yayat/foto flickr by Emdot)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31230

Mohon Beri Rating dan Komentar dibawah untuk Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

April Insurance

Lebih dari 100 Perusahaan Asuransi di California

Klik www.ThinkApril.com atau telpon sekarang 1-800 281 6175