1. Pertama, sadarilah bahwa tidak semua hadiah harus dibeli di toko. Apabila anda kreatif, anda dapat membuat sendiri hadiah-hadiah itu. Kebanyakan orang yang akan diberi hadiah agaknya lebih memilih sesuatu yang bernilai personal dan unik, daripada sesuatu yang bisa dibeli di toko.

2. Cari cara lain dalam memberi hadiah, misalnya suatu pengalaman atau apapun. Misalnya, apakah anda bisa memberikan pengalaman spa? Menjaga anak semalaman bagi pasangan yang baru memiliki bayi sehingga mereka bisa keluar rumah dan menikmati waktu berdua? Atau bisa juga memberi sumbangan. Ini adalah sedikit cara memberi hadiah tanpa harus pergi ke toko dan berbelanja.

3. Ketika memutuskan untuk membuat hadiah sendiri, gunakan bakat anda untuk memberikan sesuatu yang special kepada si penerima. Jika anda suka memotret, ada ratusan hadiah yang bisa anda buat dari foto. Demikian pula jika anda adalah seorang seniman, musisi, perancang, ahli menjahit, apapun itu, cobalah untuk membuat sendiri.

Apapun keahlian anda, coba untuk membuat sesuatu yang istimewa untuk orang yang special. Sesuatu yang dibuat dengan sungguh-sungguh dari dalam hati tentu akan lebih berharga ketimbang beli sesuatu dari toko.

4. Gunakan uang atau kartu debet anda ketika anda harus membayar sesuatu. Hindari menggunakan kartu kredit karena itu hanya membuat anda menumpuk utang.

Ada beberapa cara lain adalah gunakan kartu prepaid. Kalau anda memiliki kartu ini, sebaiknya anda terus mengisi ulang kartu tersebut sehingga anda tidak perlu khawatir ketika akan berbelanja.

5. Ketika anda mengetahui bahwa keluarga anda begitu banyak dan anda sudah bertekad membelikan hadiah untuk semuanya, pilihlah hadiah berupa voucher berbelanja. Dengan memberikan voucher belanja, anda tidak perlu memikirkan hadiah apa yang akan anda berikan karena merekalah yang akan memilih sendiri.

6. Ketika anda sudah menyelesaikan belanja liburan anda, jumlahkan total belanjaan anda dan hitung kira-kira berapa uang yang akan anda keluarkan untuk Natal tahun depan. Buatlah perkiraan uang yang harus anda simpan untuk tahun depan, sehingga anda lebih termotivasi menabung sedikit demi sedikit demi tercapainya nominal tersebut.

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?32312

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket