Dari pancaran semangat masa muda hingga kecantikan anggun kedewasaan, merawat kulit Anda adalah perjalanan seumur hidup. Mencapai kulit mulus dan ternutrisi adalah aspirasi individu di semua kelompok umur. Namun, mendapatkan kulit yang sehat memerlukan perawatan khusus dan menggunakan produk perawatan kulit berkualitas tinggi yang memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan pada berbagai tahap kehidupan.

Kebutuhan kulit kita berubah seiring bertambahnya usia, seperti kebutuhan tubuh kita. Saat Anda berusia 30-an, apa yang mungkin berhasil untuk Anda di usia 20-an mungkin tidak. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami kulit Anda dan menyediakannya dengan jumlah bahan yang tepat agar terlihat terbaik di usia berapa pun.

Tulsi Gosai, Pakar Perawatan Kulit dan Salah Satu Pendiri Akihi, membagikan beberapa tips perawatan kulit penting untuk kelompok usia berbeda agar kulit sehat dan bercahaya.

Untuk usia 20-an Anda: Usia 20-an adalah tahun yang paling berenergi dan terisi untuk kulit Anda, sama seperti bagian tubuh lainnya. Kolagen, protein kulit, tersedia dalam jumlah melimpah dan memberikan kulit Anda kilau awet muda secara alami.

 Padahal, kulit sebenarnya tidak membutuhkan banyak dukungan dari luar karena selnya masih muda dan mampu melakukan peremajaan. Jerawat, perubahan hormon, dan paparan sinar matahari menjadi perhatian terbesar di usia ini. Memiliki rutinitas perawatan kulit dasar yang melibatkan pembersihan, pelembab, dan perlindungan matahari dapat menghasilkan keajaiban. Pembersih khusus jenis kulit, pelembap yang menghidrasi, dan tabir surya spektrum luas akan membuat kulit Anda bersinar dan kenyal, meletakkan dasar yang kokoh untuk kulit yang sehat di kemudian hari.

Untuk usia 30-an: Meskipun sebagian besar peralatan perawatan kulit usia 20-an akan mengikuti usia 30-an, ada beberapa tambahan yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kulit Anda yang diperbarui. Mempertimbangkan beban tanggung jawab pribadi dan profesional 30 yang Anda hadapi, stres dapat berdampak buruk pada kulit Anda.

Dan hasilnya adalah hiperpigmentasi, garis halus, bintik matahari, dan lingkaran hitam di bawah mata. Di sini, memasukkan asam hialuronat, pelembab atau serum kaya antioksidan, dan produk anti-penuaan dalam rutinitas perawatan kulit Anda adalah langkah yang tepat karena akan mengencangkan dan mencerahkan kulit Anda serta memberikan efek bercahaya yang mirip dengan usia 20-an.

Untuk usia 40-an: Memasuki usia 40-an, tanda-tanda penuaan menjadi sangat jelas. Pigmentasi mulai memburuk, dan keriput serta lipatan dahi mulai muncul. Mengingat fakta bahwa wanita memasuki menopause selama usia ini, ketidakseimbangan terkait mulai berdampak pada kulit dengan membuatnya lebih kering dan kurang elastis.

Beralih ke pembersih hidrasi yang tidak berbusa, pelembab yang kaya dan lebih kental, serum vitamin C, peptida, dan antioksidan akan menjaga tekstur alami kulit Anda dan mencegahnya menjadi kering atau tidak bernyawa selama periode ini. Selain itu, mempertahankan gaya hidup sehat dan tetap terhidrasi selama ini akan terbukti bermanfaat di masa depan.

Untuk usia 50-an dan seterusnya: Menambah kulit kering, keriput, dan hiperpigmentasi, kendur adalah masalah kulit lain yang muncul saat Anda memasuki usia 50-an. Kulit Anda menjadi lebih tipis dan lebih kendur akibat penurunan jumlah kolagen dan elastin. Oleh karena itu, saat memilih produk perawatan kulit di usia ini, saatnya beralih ke produk yang sangat terhidrasi agar kulit Anda dapat mengatasi kekeringan yang tidak perlu. Prioritaskan gliserin, cetearil alkohol, ceramide, dan asam hialuronat sebagai bahan utama saat mempersiapkan rutinitas perawatan kulit Anda, karena ini akan memastikan kulit Anda tetap ternutrisi dan terlindungi dengan baik.

“Jangan biarkan usia memengaruhi kulit Anda dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat. Dengan menyesuaikan rejimen perawatan kulit Anda dengan kebutuhan khusus usia Anda, Anda dapat mengatasi masalah termasuk hilangnya kelembapan, kerusakan kolagen, dan tanda-tanda penuaan yang lebih jelas. Anda dapat menjaga kulit Anda sehat dan tampak muda sepanjang berbagai periode hidup Anda dengan mengikuti rekomendasi yang disebutkan di atas,” tutup Tulsi.

Sumber foto: nbcnews.com

Baca Juga: