HUT TMIIPada tanggal 20 April, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan merayakan hari jadinya ke-39 tahun. Dengan mengusung tema “TMII Wahana Pelestari Budaya Nusantara Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia”, sejumlah acara disiapkan untuk memeriahkan peringatan HUT yang dimulai sejak tanggal 17 April hingga 27 April 2014.

Wujud peringatan ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu juga untuk memperkuat pemahaman seluruh potensi yang terwadahi di TMII agar selalu merasa bangga atas keberadaan TMII sebagai pelestari keanekaragaman, menjaga, pemelihara dan pengembang budaya bangsa.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama peringatan antara lain, Gelar Tari Kolosal,  Expo Karya Kriya Kreatif Nusantara dengan tema  ‘Aneka Cipta kriya Anak Bangsa’. Kegiatan ini sebagai ajang promosi dan bursa produk hasil karya cipta kreatif unggulan dari berbagai wilayah daerah. Festival Pesona Busana Tradisi Nusantara dengan tema ‘Martabat Budaya Bangsa’. Pameran dan Bursa Flora & Fauna Nusantara Tema ‘Kekayaan alam bangsa’. Pameran ini akan menampilkan potensi-potensi flora fauna unggulan dari daerah koleksi TMII. Lomba Seni Bela Diri Pencak silat Tema; Pusaka Pelestari Budaya Bangsa dengan  menampilkan kekhasan pencak silat tradisi bangsa. TMII  juga mengadakan sejumlah lomba, yakni  Lomba Seni Bela Diri Pencak Silat dengan tema “Pusaka Pelestari Budaya Bangsa” serta Lomba Menulis Blog dan Jurnalistik bertema “39 Tahun TMII”.

Perayaan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena di tahun ini untuk pertama kalinya TMII mengangkat tema tentang daerah. Dimana akan bekerja sama dengan Provinsi Bali.  Sekitar 150 seniman Bali akan terlibat dalam perayaan puncak HUT TMII pada acara Citra Budaya Tradisi 33 Provinsi dengan tema ‘Bali Night’ yang akan menghadirkan kisah drama tari Sutasoma dan pentas akbar untaian Karya Cipta Seni Nusantara. Acara akan diakhiri dengan kemeriahan pesta kembang api di Theater Bhineka Tunggal Ika yang bertajuk ‘Negeriku Satoe Indonesia’.

Pada 20 April 2014, tiket TMII dibuka gratis untuk umum, dan tanggal 21 hingga 25 April, TMII juga memberlakukan satu tiket untuk dua orang.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?62970

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero